Thursday, April 27, 2017

Juara I Tingkat Jatim, Mojodeso Masuk Nominator Nasional Lomba Bersih Sehat

    Thursday, April 27, 2017  

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com -  Setelah juara satu ditingkat Provinsi Jawa Timur kini Desa Mojodeso Kecamatan Kapas,  Bojonegoro masuk Nominator yang akan bersiaing dengan 5 lainnya ditingkat nasional dalam Lomba LBS (Lingkungan Bersih Sehat).

Tim penilai lomba pun mendatangi Desa Mojodeso untuk melakukan penilaian yang didampingi oleh  Asisten pemerintahan, ketua dan wakil ketua PKK Kabupaten Bojonegoro, tim penilai PKK Pusat, perwakilan PKK provinsi jawa Timur, tim penilai dari kementrian kesehatan, camat kapas. Rabu (26/4/17).

Ketua Tim penilai PKK pusat Rahmawati Amarulloh menyampaikan bahwa Bojonegoro masuk 6 nominator lomba LBS tingkat nasional.

"Yang menarik di Mojodeso ini adalah kebersihan yang ada disini bukan karena hanya ada lomba akan tetapi karena sudah menjadi perilaku bagi desa mojodeso," Terangnya.

Dijelaskan juga bahwa Hal tersebut merupakan suatu hal yang baik apa bila prilaku warganya sudah seperti itu, dengan sendirinya diri warga menyadari akan pentingnya kebersihan tersebut. Sehingga kebijakan dari PKK pusat bisa dilaksanakan ditingkat bawah lewat para kader-kader tersebut.

Ada 3 indikator dalam penilaian Lomba LBS yaitu input, proses, output. Input menyangkut apakah ada kebijakan berjenjang yang mendukung setiap program yang direncanakan, dari sumber dana setiap program, adanya kader terlatih, pokja.

Proses dilihat dari perencanaan program dan kegiatan, pelaksanaannya bagaimana, frekuensi kegiatannya. Output dilihat dari hasil yang telah didapatkan. Nanti kita akan lihat bagaimana proses yang sudah ada dijalankan dengan baik apa tidak.

Selanjutnya para rombongan tim penilai melanjutkan ke tempat yang menjadi lokasi penilaian, diantaranya adalah Rumah masyarakat, untuk melihat apakah masyarakat sudah hidup bersih dan sehat apa belum. Selanjutnya ke bank sampah, bagaimana masyarakat mojodeso ini menabung dengan sampah. Peternakan, pengolahan kompos. Pembuatan Bio pori, pengolahan limbah sampah menjadi barang siap jual. Hal tersebut yang akan dinilai dari tim penilai PKK pusat. (ang/lis)

No comments:
Write comments