Wednesday, April 26, 2017

Kepala Kemenag Jatim Sebut Bojonegoro Aman dari Konflik Antar Umat Beragama

    Wednesday, April 26, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Mengantisipasi perselisihan dan konflik antar umat beragama, Kantor Kementrian Agama (Kemenang), Kabupaten Bojonegoro, mengadakan dialog lintas agama dan pembinaan aparatur negara di lingkungan Kemenag Kabupaten Bojonegoro. Acara tersebut diselengarakan di Ruang Angling Dharma, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, yang diikuti oleh 395 peserta dari tenaga pengajar agama Kemenang. Rabu (26/4/17).

Dalam kesempatannya, Drs Syamsul Bakhri, M.pd, selaku Kepala Kemenag Provinsi Jawa Timur mengatakan, bahwa dengan sering dilakukan pertemuan lintas agama adalah satu cara dalam menjaga persatuan kerukunan di masyarakat. Pasalnya, faham radikalisme saat ini yang menjadi ancaman bagi NKRI.

"Para tokoh agama, dan pegawai aparatur pemerintah, menjadi ujung tombak penting bagi menjaga kerukunan umat beragama agar tidak adanya sebuah konflik yang terjadi," kata Bakhri.

Ia menambahkan, dengan menjadi masyarakat yang cerdas akan menjadikan bangsa ini bangsa yang cerdas pula. Sebab, tidak ada hal yang terpinting selalin menjaga perdamaian dan azaz pancasila menjadi pedoman bagi seluruh masyarkat. "NKRI harga mati," ucapnya

Menurutnya, Kabupaten Bojonegoro, mampu menjaga kerukunan antar umat beragama, tidak ada kecendrungan akan adanya sebuah konflik, semua atas kerja keras dari pemerintah setempat dan tokoh-tokoh pemimpin umat bergama.

"Di Jawa Timur, daerah yang rentan konflik ialah Jember, Pasuruan dan kemaren terdapat konflik sedikit di kabuten tetangga yakni Lamongan. Namun, sudah dapat di atasi, sedangkan untuk Bojonegoro sangat aman," tambahnya. (wan/lis).

No comments:
Write comments