Thursday, April 13, 2017

Libur & Perayaan Paskah Polres Bojonegoro Siapkan Pengamanan

    Thursday, April 13, 2017  

Reporter : Bima Rahmat

suarabojonegoro.com -  Guna terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Bojonegoro, jelang perayaan Jumat Agung atau Paskah bagi umat kristiani, yang bertepatan dengan libur panjang (long week end) tanggal 14-16 April 2017,  jajaran Polres Bojonegoro telah menyiapkan langkah-langkah pengamanan dan antisipasi perayaan tersebut.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro SH SIK MSi, saat dihubungi melalui sambungan seluler pada Kamis (13/04/2017) sore ini menjelaskan, bahwa dirinya telah memerintahkan anggota, baik dari polres maupun polsek-polsek jajaran, untuk melakukan pengamanan pada tempat-tempat ibadah, khususnya gereja, yang sedang merayakan Paskah, serta melakukan pengaturan arus lalu-lintas di lokasi-lokasi yang rawan kemacetan, saat pelaksanaan arus mudik atau balik, selama libur panjang perayaan Paskah.

“Kami akan fokus pada pengamanan gereja-gereja yang ada di Bojonegoro.” terang Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga telah memerintahkan kepada seluruh anggota baik dari polres maupun polsek, untuk meningkatkan kewaspadaan, baik itu terhadap personilnya maupun pada makonya. Sedangkan untuk pengamanan gereja, Kapolres memerintahkan untuk dilakukan sterilisasi.

Ketika di tanya, apakah Polres Bojonegoro akan meminta backup personil dari Brimob Polda Jatim, Kapolres menyampaikan, bahwa anggota Polres Bojonegoro untuk saat ini sudah cukup, guna pengamanan perayaan Paskah tersebut.

Kapolres menambahkan, Polri bersama tiga pilar, TNI dan Pemerintah Kabupaten (Satpol PP dan Dishub), akan melakukan pengamanan terbuka dan patroli dengan sasaran tempat-tempat pemukiman yang ditinggal pemiliknya selama libur panjang, pengamanan tempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan atau mall, tempat-tempat wisata, terminal, stasiun KA dan obyek-obyek vital lainnya.

Selain itu, Polres Bojonegoro dan polsek jajaran, akan melakukan penggalangan terhadap tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat, untuk meningkatkan kepekaan terhadap potensi timbulnya gangguan kamtibmas di lingkungan masing-masing.

Secara terpisah, Kabag Ops Polres Bojonegoro, Kompol Teguh Santoso SE, kepada media ini menjelaskan, bahwa untuk pengamanan perayaan Paskah yang bertepatan dengan libur panjang (long week end) tanggal 14-16 April 2017,  Polres Bojonegoro akan menerjunkan sebanyak 58 anggota untuk Pengamanan Gereja, 70 anggota Patroli dan 10 anggota untuk sterilisasi gereja.

Sedangkan untuk polsek jajaran, akan diterjunkan 2/3 dari jumlah anggota yang ada di polsek jajaran, atau kurang lebih sejumlah 450 personil.

“Selain itu, 1 pleton anggota cadangan di siagakan di Mapolres Bojonegoro, untuk sewaktu-waktu digeser jika terjadi peningkatan eskalasi.” terang kabag Ops.

Masih menurut Kabag Ops, sebagaimana arahan dari Kapolres Bojonegoro, anggota diperintahkan untuk fokus melakukan pengamanan pada gereja-gereja yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro.  Dan guna mencegah terjadinya tindak kriminalitas seperti curat, curas dan curanmor, anggota juga diperintahkan untuk melakukan patroli, baik saat siang maupun malam hari. (bim/lis)

Foto: dok. Suara Bojonegoro

No comments:
Write comments