Saturday, April 8, 2017

PAC Ansor Gayam Lahirkan Gerakan Wakaf Tanah NU

    Saturday, April 08, 2017  

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan Obrolan Bareng Ansor (OBOR) yang bertajuk "Gerakan Wakaf Tanah NU dan Pengurusan Wakaf Organisasi", jajaran pengurus PAC Ansor Gayam kabupaten Bojonegoro bermufakat untuk membuat team sertifikasi tanah NU.

Sekretaris PAC GP Ansor Kecamatan Gayam, Khoirul Muhsinin menyampaikan jika dengan dibentuknya tim khusus yang menangani urusan wakaf di kecamatan Gayam ini, maka aset - aset yang dimiliki NU akan kuat secara hukum.

"Sebab banyak yang tanah masjid atau mushola di daerah tertentu yang sebenarnya wakafnya orang NU tapi berpindah tangan ke organisasi lain, dan ironisnya yang menguasai adalah para radikalis islam," paparnya, Jumat, 7 April 2017 di MI Al Hidayah Ringintunggal Kec. Gayam.

Permasalahan lain salah satunya adalah tentang pandangan bahwa mengurus wakaf itu merupakan sesuatu yang sulit dan berbelit belit menjadi hambatan tersendiri bagi warga NU. Apalagi, terkadang masih dimanfaatkan sebagian orang untuk memberikan tarif yang besar kepada calon waqif.

"Jelas saja, warga kita enggan mewakafkan tanahnya, soalnya dari kita sendiri masih ditarik dengan biaya - biaya lain, padahal mereka mau mewakafkan saja itu sudah menjadi sesuatu yang luar biasa," tambahnya

Pria alumni IAIN Sunan Ampel Surabaya ini menilai jika selama ini memang jam'iyah nahdlotul ulama belum semuanya melakukan gerakan penertiban aset hingga ranah bawah. namun, perlahan - lahan PBNU mulai menyadari akan pentingnya legalisasi dalam ranah tersebut, dibuktikan dengan gerakan wakaf NU yang dirintis sejak tahun 2016 yang lalu.

"Semoga dengan team yang diisi pemuda - pemuda dengan ghiroh yang tinggi ini dapat memberikan kontribusi penuh terhadap penataan tanah wakaf NU, khususnya di kecamatan Gayam," Pungkasnya. (wan/lis)

No comments:
Write comments