Monday, April 10, 2017

Pelantikan Kades PAW 2017, Ini Pesan Bupati Bojonegoro

    Monday, April 10, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi 

suarabojonegoro.com -  Bupati Bojonegoro Suyoto, saat pelantikan Kepala Desa Antar Waktu di pendopo Malowopati Bojonegoro, Senin (10/4/17) mengingatkan agar seluruh pemerintah desa menjaga komunikasi dan transparan dalam tata kelola pemerintahan.

"Jadi tak ada yang akan ditutup tutupi dengan keterbukaan inilah kita tidak memberi peluang orang-orang yang tidak puas. Dari ketidakpuasan inilah melahirkan oknum-oknum yang tidak puas dan menyalurkan dengan hal-hal yang tidak tepat seperti sms gelap, dan bentuk teror.lainya," katanya dihadapam empat Kepala desa yang baru saja dilantik olehnya.

Bupati dua periode itu mengungkapkan, munculnya terorisme adalah karena tidak dapat menyalurkan aspirasi dengan tepat.

Bupati mengatakan, adanya teroris adalah orang yang tidak puas menyalurkan aspirasinya.

"Kita telah menerapkan open government dan membuka akses seluas luasnya. Semua harus terbuka dan transparan sehingga tidak ada gejolak. Ketahanan sosial kita bangun ditengah masyarakat, kita tidak memberikan sedikit peluangpun terhadap keberadaan teroris. Kita harus meningkatkan kewaspadaan dan membangun komunikasi yang baik ditengah masyarakat. Semua harus bersatu dan kompak membangun desa masing masing menuju desa yang lebih baik," ungkapnya.

Jika ada apa-apa lanjut Kang Yoto, agar komunikasi dan konsultasi kepada pihak kecamatan dan organisasi perangkat daerah jika ada permasalahan dilapangan.

Lebih lanjut Bupati dalam sambutannya mengingatkan tentang beberapa hal penting salah satunya adalah pada saat pelantikan jangan hanya mengajak pendukungnya saja, namun yang kemarin bukan pendukungnya harusnya diajak pula. Pilkades antar waktu di Bojonegoro berjalan lancar dan bagus serta semoga tidak ada PAW kepala Desa lagi.

"Kita doakan agar yang saat ini menduduki jabatan Kepala Desa bisa lancar sampai paripurna. Kita juga mendoakan agar kades antar waktu ini segera bertugas dan para pendukung untuk cerdas. Harus diingat bahwa Kades adalah pemimpin bagi seluruh warga desa baik yang mendukung atau tidak, jadi kadang pendukung bisa menjadi pemicu ketidak harmonisan," paparnya.

Karenanya Bupati Bojonegoro menghimbau agar para pendukung membantu dan rela hati bahwa Kades adalah pimpinan bagi warga desanya. Pendukung harus mampu mendorong kinerja kepala desa yang sesuai aturan dan tidak melakukan hal yang bertentangan dengan hukum.

"Kades harus bekerja secara transparan, akuntabel dan profesional. Agar tertib dan baik dapat menjalankan tugas Kepala Desa, agar para pendukung tak mengajak melakukan beberapa hal yang mengarah pada terjadinya KKN. Kades harus bisa menjadi pimpinan yang baik," imbuhnya.

Bupati mengisahkan bahwa banyak tugas melayani rakyatnya, mengajak rakyat untuk menggunakan anggaran untuk empat hal yakni meningkatkan kecerdasan warganya utamanya anak anak usia sekolah. "

2 Mei nanti kita akan menggelar apel besar dengan melibatkan anak anak usia sekolah yang belum mengenyam pendidikan. salah satu peningkatan kanker rahim adalah pernikahan di usia muda, oleh karenanya para orang tua agar tidak terburu buru menikahkan anak," katanya.

Kedua, meningkatkan tingkat kesehatan warga masyarakat mulai sanitasi yang dimulai dari kepemilikan jamban, penanganan gizi buruk dan pemeriksaan kehamilan. Ketiga adalah bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat, karenanya jika ada usaha diwilayhnya agar dipermudah jangan dipersulit, karena sektor ini akan membantu pertumbuhan ekonomi rakyat sekitar.

Terakhir adalah bagaimana menjadikan suasana lingkungan kehidupan yang damai, harmonis ditengah masyarakat. Jika bisa agar segera mengumpulkan seluruh warganya untuk bahu membahu mendukung dan program yang dijalankan.

Empat kades PAW yang dilantik adalah Samudi sebagai Kades Kepohkidul Kecamatan Kedungadem, Sunarso sebagai Kepala Desa Sekaran Kecamatan Kasiman, H. Abdul Manan Kepala Desa Sumberagung Kecamatan Dander dan Mulyono sebagai Kepala Desa Nderu Kecamatan Sumberejo.

Pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan Bupati Bojonegoro kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah, penandatangan berita acara pengambilan sumpah yang kemudian dilanjutkan dengan, pelantikan dan penyematan tanda jabatan oleh Bupati Bojonegoro.

Tampak hadir dalam kesempatan ini Kapolres Bojonegoro AKP Wahyu S Bintoro, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro,Syukur Priyanto. (Wan/Lis).

No comments:
Write comments