Friday, April 7, 2017

SMA Negeri 1 Sugihwaras Adakan Seminar Lingkungan Hidup

    Friday, April 07, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Dalam upaya meningkatkan peran serta siswa dalam menjaga, memelihara, dan menjadikan sekolah sebagai wahana belajar yang asri dan juga dapat mengaplikasikan ilmu lingkungan di masyarakat sekitar, pada hari Kamis, 06 April 2017 SMA Negeri 1 Sugihwaras mengadakan Seminar Lingkungan Hidup dengan tema "Tunas Bangsa Peduli Lingkungan & Bermoralkan Pancasila".

Sekolah merupakan salah satu lembaga formal pendidikan yang berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anak, sekolah merupakan tempat kita memperoleh berbagai ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk bertahan hidup di kemudian hari. Pemahan dan pengenalan menditail mengenai lingkungan dapat diperoleh anak melalui pendidikan di sekolah.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Gudep Gerakan Pramuka SMA Negeri 1 Sugihwaras bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Saka Kalpataru Cabang Bojonegoro dan diikuti oleh 400 Peserta Pramuka Penegak dari SMA Negei 1 Sugihwaras dan beberapa Pramuka Penggalang dari SMP sekitar Sugihwaras sebagai sekolah imbas sekolah adiwiyata.
SMA Negeri 1 Sugihwaras

Melalui kegiatan seperti ini
diharapkan akan menjadi contoh pembelajaran bagi sekolah lain. Pada kesempatan ini setiap sekolah yang mengikuti seminar lingkungan hidup juga hadir Pembina pendamping dengan agenda berbagi pengalaman sekolah adiwiyata.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sugihwaras Drs. Muhammad Samsu MPdi selaku Kamabigus, menyampaikan betapa pentingnya lingkungan untuk manusia dan generasi selanjutnya. "Agar kita secara aktif melakukan kegiatan kelestarian lingkungan dalam hal ini dimulai dari sekolah tempat kita belaja," katanya.

Acara Seminar tersebut juga dihadiri Mabisaka Kalpataru Dra.Hj Nurul Azizah MM yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang mengatakan, perlunya Pramuka  “GO GREEN FOR OUR FUTURE” ini diharapkan akan meningkatnya pemahaman generasi muda yang mampu dan mau untuk melakukan beberapa hal seperti, mengajak seluruh anak-anak dan remaja untuk sayang dan peduli terhadap alam dan lingkungan di sekitarnya.

"Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya lingkungan hidup dengan mengupas penyebab kerusakan dan usaha pengendaliannya. Menjadi wadah dan teladan untuk anak-anak dan remaja mengapresiasikan usaha-usaha dari dini untuk menyelamatkan alam dan lingkungan di sekitarnya. Menjadikan seluruh Generasi Muda menjadi Duta-duta Lingkungan," pesanya.

Materi yang diberikan dalam seminar tetsebut meliputi, Kenaekaragaman Hayati dan Peran Pramuka Saka Kalpataru bagi Lingkungan Hidup Sekarang dan Masa Depan.

Secara keseluruhan, kebersihan dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah. Selain guru/Pembina dan siswa, pemeliharaan dan perwujudan lingkungan sekolah yang bersih sehat dan asri tidak lepas dari peran orang tua, swasta lembaga swadaya masyarakat mapupun pemerintah.

"Kondisi demikian akan melahirkan siswa yang cerdas, bermutu, berwawasan lingkungan serta mampu menerapkan sikap cinta dan peduli lingkungannya di lingkungan sekolah maupun masyarakat," ujar Bunda Nurul panggilan akrabnya. (Wan/Lis).

No comments:
Write comments