Sunday, April 16, 2017

YPPRT Sapa dan Beri Punyuluhan Kepada Petani Di Balen

    Sunday, April 16, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Pagi ini, Minggu (16/4/17) Yayasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin (YPPRT) Balen menggelar jalan santai yang digelar rutin setiap bulan sekali bergantian tempat di wilayah Balen. Kali ini kegiatan jalan sehat dilakukan di Desa Prambatan Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro.

Dalam acara tersebut, hadir sekitar 90 pengurus yayasan, guru pengajar, serta staf yayasan.

Selain jalan santai, YPPRT memberi penyuluhan kepada petani di desa setempat. Hal tersebut sangat penting, sebab saat ini petani dinilai sangat membutuhkan penyuluhan terkait permasalahan pertanian.

"Sambil jalan-jalan pagi kita menyapa petani untuk memberi solusi atas masalah-masalah yang dihadapi petani yang sawahnya kita lewati," kata salah satu pengurus Yayasan, Ishak Rianto usai kegiatan.

Ishak sapaan akrab pria yang juga seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) itu menambahkan, dari hasil penyuluhan, masalah petani di desa setempat adalah PH tanah yang sangat rendah.

Melalui pelajaran yang didapatnya dari bangku perkulihan S1 Unigoro Fakultas Pertanian, ia merekomendasikan agar lahan yang kurang subur tersebut diberi pupuk organik.

"Masalahnya hampir rata dan sama kena asem-aseman. Ini dikarenakan tanah sawah yang sudah berkurang kesuburannya dengan di tandai PH tanah yang rendah.Tadi kita ukur PH nya 4,5. Solusinya harus diberi pupuk organik dan pupuk hayati," jelas pria yang berpengalaman di bidang pertanian itu.

Dalam acara tersebut pengurus YPPRT Balen juga melakukan bakti sosial, untuk 10 orang fakir miskin  yang ada di Desa Prambatan Kecamatan Balen. (Wan/red).

No comments:
Write comments