Senin, 29 Mei 2017

Babinsa Koramil Kedewan & Dander Bantu Tingkatkan Swasembada Pangan

    Senin, Mei 29, 2017   No comments

Reporter : Arum Sekar

suarabojonegoro.com-  Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro terus menggiatkan Upaya Khusus (Upsus) dalam rangka untuk meningkatkan swasembada pangan, serta memaksimalkan Serapan Gabah dan Beras (Sergap) petani di wilayah setempat.

Jajaran TNI dari Posramil 12/Kedewan, Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, turun ke sawah guna membantu petani memanen padi hasil garapan masyarakat. Seperti terlihat Kopka Arifin dan Kopda Santono, anggota Babinsa Posramil 12/Kedewan tak segan-segan berbaur dengan para petani di Desa binaannya untuk membantu melakukan panen padi. Aksi ini dilakukan, guna memberi semangat dan dukungan moril bagi para petani.

“Dalam rangka mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam swasembada pangan. Sekaligus juga untuk memberikan semangat kepada petani,” demikian diungkapkan oleh Kopda Santono, Babinsa Desa Beji, Kecamatan Kedewan, Bojonegoro, Minggu (28/5/2017).

Sementara itu, Danposramil 0813-12/Kedewan Pelda Ali Mukson mengatakan bahwa untuk mensuk­seskan program swasembada pangan tersebut, pihaknya terus-menerus meningkatkan dengan mengoptimalkan peran Babin­sa. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Posramil 0813-12/Kedewan dalam mendukung program pemerintah.

“Turunnya Babinsa di sawah bersa­ma PPL ini, diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani un­tuk mening­katkan produktivitas panen padinya,” ujarnya.

Sementara Itu, Serka Achmad Arifin dan Serda Mutahal, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0813-05/Dander, melaksanakan pendampingan petani dalam kegiatan panen padi di Desa binaannya, yaitu di Desa Ngablak dan Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Bojonegoro.

Terpisah, Danramil 0813-05/Dander Kapten Inf Jamari mengatakan bahwa para Babinsa jajaran Koramil Dander selalu pro aktif untuk melaksanakan pendampingan kepada petani. Mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai dengan panen tiba.

“Diharapkan, para petani bisa berkoordiansi selalu dengan Babinsa dan PPL selaku pendamping dan penyuluh dilapangan,” ungkapnya, Senin (29/5/2017).

Ditambahkan, bahwa pendampingan kepada petani adalah dalam rangka mewujudkan program ‎swasembada pangan. Dimana program tersebut, merupakan program pemerintah.

“Sehingga, program swasembada pangan ini harus didukung oleh semua elemen. Termasuk di dalamnya adalah TNI,” tandasnya. (rum/lis)

Tidak ada komentar:
Write komentar