Sunday, May 7, 2017

GUDEP SDN Klempun Tanamkan mandiri sejak dini

    Sunday, May 07, 2017  

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com (Ngraho) -  Tidak disangka ternyata anak-anak punya keahlian memasak. Angota Pramuka memang dilatih untuk mandiri dan berkarakter. Seperti yg di laksanakan oleh adik adik SDN Klempun Kecamatan Ngraho di pagi ini Minggu 07 mei 2017. Dalam rangka melatih kemandirian peserta didik, mereka di ajak membuat cilok/pentol oleh kakak pembinanya.

" Saya rasa memang kecerdasan dan pola fikir anak harus mulai di arahkan sejak dini untuk persiapkan bekal kemandirian. Bukan hanya pembuatan cilok/pentol saya rasa adik adik pramuka itu juga bisa di ajak mencuci menyetrika dan sebagainya, tapi tentu kami sebagai pembina harus mengarahkan dan mengawasi supaya apa yang dikerjakan lebih manfaat" demikia ujar kak Ulin sapaan akrab pembina di Gudep SDN Klempun.

Dalam kegiatan ini semua dilaksanakan oleh peserta didik mulai belanja, buat bumbu hingga membuat adonan. Kegiatan yang dimulai jam 07.30 wib dan berakhir di jam 09.30 wib ini berlangsung lancar.

Tiap kelompok mempunyai cerita tersendiri dalam menyajikan makanan. Ada yang kelompoknya kompak dengan membagi job untuk anggotanya ada pula yang kelompoknya heboh dalam menyajikan bahkan ada yang kerja sendirian, yang lainnya bertugas icip-icip.

Selain itu, antusias dari adik adik tampak tampak sekali saat kegiatan memasak belum dimulai. Banyak pengalaman baru yang dapatkan oleh peserta didik. Seperti ujar Riski (peserta didik) bahwa sebelumnya sudah pernah membuat pentol waktu di rumah namun kalau disi dengan teman teman lebih seru dan mengembirakan.

"Besok mau usul buat rujak kata teman teman", katanya.

 Setelah itu para adik-adik pramuka menikmati hasil masakan bersama-sama dalam regu masing-masing.

Melalui kegiatan latihan ini, diharapkan adik-adik semakin mandiri, mampu bekerjasma dan mensyukuri segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan, terlebih makanan melalui orang tua masing-masing. (ney/lis)

No comments:
Write comments