Thursday, May 4, 2017

Ingin Dalami Ilmu Hukum, Kuliah di Jurusan Hukum Unigoro

    Thursday, May 04, 2017  

Reporter: Tim Advertorial

suarabojonegoro.com -  Banyak orang yang ingin mengetahui dan mendalami ilmu hukum. Hal tersebut dinilai sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.

Salah satu usaha belajar ilmu hukum dengan menempanya di perguruan tinggi. Berbagai teori dan praktek bidang hukum bisa didapat.

Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro (Unigoro) salah satu fakultas yang bisa menjadi pilihan untuk belajar ilmu hukum di Bojonegoro.

Kampus Unigoro yang berada di jalan Lettu Suyitno nomor 2 itu kini terdapat 5 fakultas. Salah satunya fakultas hukum yang kini sudah terakreditasi.

Berbagai alasan, kenapa pilih Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro. Salah satu pengakuan tersebut disampaikan oleh Rani Elvi Anawati, mahasiswi semester 2 asal
Desa Klakeh, Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban mengatakan, alasan utama fakultas hukum Universitas Bojonegoro menjadi pilihanya sebab, dia ingin mempelajari ilmu hukum lebih dalam.

"Karena saya dari awal memang sangat suka dengan hukum, saya ingin mempelajari hukum lebih dalam lagi, karena saya ingin mengabdi kepada masyarakat," katanya.

Dia juga memiliki tujuan kedepan untuk bisa menjadi seorang kepala desa. "Dengan saya belajar di fakultas hukum saya bisa mencapai tujuan saya itu, saya bisa lebih dekat dengan masyarakat, bisa menampung aspirasi-aspirasi masyarakat terutama masyarakat tidak mampu," katanya bersemangat.

Dia mengaku, selama ini yang didapatkan di fakultas hukum Universitas Bojonegoro adalah pengetahuan tentang hukum, mengetahui lebih dalam ilmu hukum yang ada di Indonesia.

"Mendapatkan begitu banyak motivasi dan pengetahuan dari para dosen yang sudah berpengalaman dibidang ilmu hukum ini," harapnya.

Selanjutnya, Jaya Andris Setiawan, mahasiswa asal
Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro mengatakan, ia memilih Fakultas hukum Unigoro sebab jurusan tersebut sangat sesuai dengan minat dan bakatnya di bidang hukum.

"Ya karena sesuai minat dan bakat untuk lebih mengenal hukum. Belajar mengenai ilmu hukum agar menjadi warga masyarakat yang cakap hukum, dan mengetahui kebijakan pemerintah melalui kajian dari dosen yang ada di fakultas hukum," kata mahasiswa semester 2 itu.

Banyak kegiatan kemahasiswaan di fakultas hukum Unigoro. Dengan adanya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) semua program kegiatan mahasiwa dapat dilaksanakan.

Presiden BEM fakultas hukum Unigoro Yunita Siska Mariana mengatakan, program kerja BEM fakultas hukum selama ini sebagian besar langsung terjun ke masyarakat.

"Seperti sosialisasi kenakalan remaja seperti bahaya narkoba, seks bebas, dan peran orangtua untuk anak. Juga sosialisasi tentang bantuan hukum gratis, membuka konsultasi bantuan hukum gratis yg bekerja sama dengan BKBH FH unigoro," jelasnya.

Program tersebut dinilai sangat penting, sebab sebagian besar masyarakat belum mengetahui adanya bantuan hukum gratis, dan yang tahu hanya beberapa orang saja.

"Kenapa proker kita sosialisasi tentang kenakalan remaja karena sekarang kasus kasus seks bebas dan narkoba sudah menjangkit anak anak dibawah umur, pemerkosaan, hamil sebelum menikah, menjadi anak jalanan," tegas mahasiswi semester 6 itu.

Ditambahkan olehnya, oang tua sangat berperan penting untuk masa depan anak, sebelum anak anak menikah masih jadi tanggung jawab penuh orangtua," papar Siska yang juga kini bekerja disalah satu kantor Advokat di Bojonegoro itu.

Kedepan, ia berharap kepada semua Mahasiswa Fakultas Hukum Unigoro agar bisa solid dalam berorganisasi. Sehingga pengalaman organisasi bisa dijadikan pengalaman dalam bermasyarakat nantinya. (wan/adv).

No comments:
Write comments