Selasa, 09 Mei 2017

Kadin Bojonegoro Ditunjuk Sebagai Koordinator Kontraktor Lokal dalam Proyek J-TB

    Selasa, Mei 09, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Meski belum dilakukan penandatanganan kontrak secara resmi, operator proyek Jambaran Tiung-Biru (J-TB) PT  Pertamina EP Cepu (PEPC) berpesan kepada pemenang tender proyek Engineering Procurement and Construction (EPC) Gas Processing Facility (GPF) konsorsium PT Rekayasa Industri (Rekind) dan Japan Gas Corporation (JGC), agar menggandeng kontraktor lokal. Dalam hal ini Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bojonegoro bakal ditunjuk sebagai koordinator kontraktor lokal proyek tersebut.

General Manager Project Jambaran-Tiung Biru (J-TB) PEPC, Bob Wikan mengatakan, terkait dengan subkon dari pelaksana proyek EPC GPF J-TB pihaknya menyerahkan langsung ke konsorsium pemenang. Sehingga, kontraktor lokal yang nantinya bakal menjadi subkon berhubungan langsung dengan Rekind-JGC.

"Itu nanti terserah Rekind. Maka dari itu kami serahkan Rekind untuk mulai mencari subkon-subkon. Tapi untuk ini kita akan koordinasi dengan Kadinda dan dengan BUMD. Karena Bapak Bupati juga berpesan bahwa untuk pemenuhan lokal kontraktor proyek J-TB harus melalui Kadin dan juga BUMD," tegasnya.

Ditambahkan olehnya hal itu sesuai dengan perda 23 tahun 2011 tentang percepatan pertumbuhan ekonomi daerah dalam pelaksanaan ekplorasi dan ekploitasi, serta pengelolaan minyak dan gas bumi di Kabupaten Bojonegoro atau biasa disebut Perda konten lokal.

"Sesuai pesan Bapak Bupati untuk proyek J-TB gak boleh ada premanisme untuk pemunuhan lokal kontraktor. Jadi kontraktor tidak boleh langsung bertemu dengan konsorsium Rekind. Jadi Rekind nanti akan berkoordinasi dengan Kadin dan BUMD untuk lokal kontraktor, sementara untuk pemenuhan tenaga lokal akan berkoordinasi dengan Disperinaker," paparnya. (wan/red).

Tidak ada komentar:
Write komentar