Friday, May 12, 2017

Katua Kartar Bojonegoro: Pemuda Harus Ikut Seleksi Perangkat Desa

    Friday, May 12, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi


suarabojonegoro.com -  Setelah melalui proses pembahasan yang cukup panjang, Perda tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa akhirnya disahkan beberapa waktu yang lalu. Hal tersebut ditanggapi oleh Ketua Karang Taruna KabupatenBojonegoro, Dony Bayu Setiawan.

Dony sapaan akrabnya mengatakan, perda tersebut memberi peluang yang cukup besar bagi pemuda dan pemudi Bojonegoro untuk ikut terlibat dalam mewarnai dinamika kebijakan yang ada ditataran desa.

"Pemuda harus terlibat dalam kebijakan, termasuk kebijakan di desa. Pemuda harus ikut mewarnai dinamika pemerintahan desa, termasuk seleksi perangkat desa yang akan diselenggarakan nant," kata Dony. Jum'at (12/5/17).

Apalagi, lanjutnya, sistem perekrutan perangkat desa sudah cukup berpihak kepada pemuda. Jika dilihat dari usia, yaitu calon perangkat desa minimal 20 tahun, dan maksimal 42 tahun.

"Itu adalah usia-usia produktif pemuda. Dan ada persyaratan harus bisa IT dengan dibuktikan sertifikat IT," jelasnya.

Maka dari itu Forum Komunikasi Karang Taruna Kabupaten Bojonegoro melihat bahwa ini kesempatan bagi pemuda Bojonegoro untuk menunjukkan kepedulian terhadap kelangsungan pemerintahan desa yang lebih baik.

"Sebab dengan keterlibatan pemuda, harapannya pemerintahan desa akan lebih transparan dan lebih berkualitas. Maka sekali lagi, pemuda harus proaktif melibatkan diri didalamnya," tegas Dony. (wan/red).

No comments:
Write comments