Selasa, 09 Mei 2017

Kenapa Harus Pilih Fakultas Pertanian Unigoro? Ini Kata Alumninya

    Selasa, Mei 09, 2017  

Reporter: Tim Advertorial

suarabojonegoro.com -  Jenjang pendidikan strata satu (S1) diketahui banyak sekali pilihan jurusanya. Salah satunya adalah jurusan pertanian. Salah satu kampus di Bojonegoro yang terdapat jurusan Pertanian adalah Universitas Bojonegoro (Unigoro).

Fakultas Pertanian dengan jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (agribisnis) tersebut telah banyak mencetak sarjana-sarjana pertanian yang kini sukses di bidangnya.

Tentunya berbagai alasan, kenapa Fakultas Pertanian Universitas Bojonegoro yang kini sudah terakreditasi B menjadi pilihan.

Salah satu alumni Fakultas Pertanian Universitas Bojonegoro, Ishak Rianto mengatakan, memang sejak kecil ia sudah senang dengan kegiatan tanam menanam. Bahkan, katanya, sebelum sekolah dibangku Madrasah Ibtidaiyah (MI) sudah sering bermain dengan cangkul.

"Saat di MTs dan MA sudah biasa nyangkul dan bercocok tanam di sawah orang tua sampai masa-masa kuliah," katanya bersemangat.

Ia pun menjelaskan, banyak ilmu dan pengalaman yang didapat dari bangku perkuliahan, khususnya di Fakultas Pertanian Universitas Bojonegoro.

"Pastinya dapat ilmu pertanian, diantaranya keadaan sosial, ekonomi, kebudayaan petani Indonesia juga petani modern luar negeri, yang akhirnya jadi lecutan ingin ikut serta memajukan petani dan pertanian Indonesia," papar Ishak sapaan akrab pria yang kini sebagai THL TBPP Dinas Pertanian Bojonegoro itu.

Ia pun berpesan kepada seluruh siswa-siswi SMA atau yang telah lulus SMA, agar semakin peduli di bidang pertanian. Dan salah satunya kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Bojonegoro.

"Kalau memang senang dengan dunia pertanian atau tanam menanam ya kuliah saja di Faperta Unigoro saja, selain dekat rumah sekarang Faperta juga smakin bermutu," pesan pria yang juga sebagai PPL di BPP Kecamatan Kanor itu.

Ia juga berharap ada kepedulian kepada petani yang kurang memahami budidaya bisa di dampingi. Syukur-syukur kalau mau jadi petani, asalkan petani yang berdasarkan teknologi pertanian yang berkembang, dipastikan hasilnya masih sangat menjanjikan.

Selanjutnya, alumni Fakultas Pertanian Universitas yang kini aktif di banyak lembaga pertanian dan sosial, Yaumidin Sugianto kepada suarabojonegoro.com mengaku, awalnya ia memilih fakultas lain dan atas banyak pertimbangan akhirnya berpindah ke fakultas pertanian.

"Dari pertania dulu saya berfikir akan lebih bnyak bermanfaat ketika lulus dan bisa saya terapkan dan sosialisasikan pertanian yang baik dan modern ke petani yang umumnya masyrakat Indonesia," kata Yaumidin sapaa akrab pemuda yang kini sebagai ketua Taruna Tani (Patra) Kabupaten Bojonegoro itu.

Ia menjelaskan, ketika di bangku kuliah banyak hal yang didapat, termsuk ilmu tentang pertanian yang baik, ramah lingkungan, bisa melihat peluang pertanian, serta juga pertanian dari tanam sampai paska panen pemasaran.

"Untuk adik-adik SMA yang akan melanjutkan kejenjang perguruan tinggi, ayo pilihlah pertanian degan memilih pertanian adik-adik akan tau bahwa pentingya pertania dan akan terus berkembang. Karena petani setiap saat waktu penuh inovasi untuk menghasilkan usahatani yang baik," pesanya.

Ditambahkan olehnya, jika melihat peluang kerja yang prospek didunia salah satunya pertanian dan teknologinya.

"Yang pasti Faperta ini banyak alumnus yang berhasil. Contohnya sebagai PPL, pengusaha pertanian dan pegawai Dinas Pertanian," jelasnya. (wan/adv).

Tidak ada komentar:
Write komentar