Monday, May 1, 2017

Menjadikan Mental Pemuda Menjadi Pengusaha Muda Bukan Sebagai Pegawai.

    Monday, May 01, 2017  

Oleh : Agus Sulistiawan, S.Pd, M.T.

suarabojonegoro.com-  Banyaknya pemuda yang memiliki usia produktif di Bojonegoro bisa menjadi aset bagi daerah kabupaten Bojonegoro, seiring dengan geliat ekonomi di daerah kabupaten Bojonegoro yang terus berkembang menuntut tingkat taraf hidup yang meningkat pula, pegawai adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh para fresh greduate (lulusan terbaru).

Sedangkan Menjadi pengusaha muda seolah-olah menjadi hal yang tidak mungkin bagi mereka karena kurangnya motifasi dari semua pihak untuk memulai pada pemuda untuk menjadi seorang pengusaha muda dengan semua ptensi yang mereka punya.

Banyak usia produktif yang lulus sekolah kejuruan yang memiliki skill di bidangnya masing-masing mereka bingung akan kemana dan ngapain setelah lulus. Perlunya pemahaman bagi mereka tentang pentingnya menciptakan lapangan pekerjaan baik sesuai bidang keahlian mereka atau sesuai dengan hobi mereka.

Dalam hal ini semua pihak harus bersinergi untuk memberdayakan anak usia produktif untuk menciptakan peluang-peluang usaha baru atau usaha lama yang innovative sehingga para pengusaha muda terlahir dengan baik dan dapat mengurangi pengangguran.

Mengoptimalkan balai pelatihan bisnis, membantu permodalan bagi pengusaha pemula, membimbing para pengusaha pemula, dan memberikan ruang pemasaran bagi produk yang dihasilkan.

Salah satu metode sederhana yang dapat dilakukan dalam melatih pebisnis baru adalah dengan SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities)  dan Ancaman (Threats) dalam suatu bisnis atau usaha yang akan dikerjakan
Dengan adanya dukungan dari semua pihak baik pemerintah daerah, permodalan, dan akademisi kabupaten bojonegoro yang saat ini memiliki tagline “Bojonegoro lumbung pangan dan energy” suatu saat akan menjadi “Bojonegoro lumbung pangan ,energy dan young enterpreuner”

Menurut saya jika para pemuda kabupaten bojonegoro dapat menjadi pengusaha muda pasti banyak peluang pekerjaan yang di ciptakan, mengurangi pengangguran serta dapat mempercepat pembangunan ekonomi di daerah bojonegoro dan mengurangi minat pemuda untuk menjadi pegawai. (*)

No comments:
Write comments