Tuesday, May 2, 2017

MUTIARA DARI TIMUR Kembali Eksis Ukir Sejuta Prestasi di Solo Raya

    Tuesday, May 02, 2017  

Reporter: Lina Nur Hidayah


suarabojonegoro.com -  Mutiara Dari Timur Sang Juara Di Solo Raya mungkin beberapa waktu lalu kita sudah pernah mendengar makna dari istilah tersebut. Semangat dari gadis cantik berprestasi asli Bojonegoro, Aina Shofi Sasalbila Nur Amalia atau akrab di sapa Aina,  seorang pelajar putri kelahiran Bojonegoro,  13 Februari 2000 kembali mengepakkan sayapnya di Surakarta. Pelajar yang kini bersekolah di SMA ABBS (Al Abidin Bilingual Boarding School) pada hari Minggu (30/4/2017) lalu sukses dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai Ketua Panitia penyelenggara kegiatan LEMON (Language Month) dengan 3 macam lomba yaitu :  Story Telling (Bercerita dalam bahasa Inggris) , English Quiz (Lomba Cerdas Cermat Bahasa Inggris)  dan Speech Contest (Pidato Bahasa Inggris).

Event yang merupakan program tahunan di SMA ABBS tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2014 dan pada tahun ini adalah LEMON yang ke 3 yang diikuti sebanyak 134 peserta yang tersebar dari Jawa Tengah dan DIY pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Seperti yang diungkapkan oleh Imam Samudra,  Kepala Sekolah SMA ABBS bahwa melalui ajang berbahasa Inggris yang rutin dilaksanakan di sekolah diharapkan dapat mencetak generasi muda yang berbakat dalam bahasa Inggris, pasalnya, ketrampilan berbahasa Inggris sangat diperlukan di zaman modern saat ini terlebih dalam menghadapi dunia kerja. Senin (1/5/17).

“Targetnya tentu menjaring siswa terbaik dalam bidang ketrampilan berbahasa Inggris,”Ungkap Mr. Sam Sapaan akrabnya. Masih diungkapkan Mr. Sam bahwa salah satu pelajar SMA ABBS asli Bojonegoro yang berprestasi adalah Aina Shofi dan tahun ini menjadi Ketua Panitia penyelenggara kegiatan LEMON. Dimata Kepala Sekolah dan para pengajar Aina juga sosok siswa yang memiliki nilai akademis bagus dan aktif dalam organisasi sekolah.

“Aina Salah satu pelajar yang bagus secara akademis maupun non akademis, “Ungkap Mr. Sam.

Meskipun, berada di daerah rantau yang jauh dari orang tua namun semangat juang Aina tak kunjung padam. Hal ini terbukti dengan sejuta prestasi yang selama ini pernah Ia raih,  antara lain menerima Piala Juara 1 kedua kalinya Lomba Cerdas Cermat PMR yang diadakan oleh Stikes Muhammadyah Surakarta. Sebagai pelajar berprestasi  di SMA Al-Abidin Bilingual Boarding School ( SMA ABBS ) Surakarta kelas XI MIPA Az- Zuhruf, satu satunya sekolah Bilingual pertama di Surakarta yang menggunakan full bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan Semua Buku Paket sekolah kecuali pelajaran bahasa Indonesia, Arab dan Jawa.

Terbukti sejak TK s/d  SMA,  alumnus SMP Al Fatimah Plus Bojonegoro ini kerap kali menyumbangkan piala baik ber-regu ataupun individu  untuk sekolahnya. Bahkan masuk SMP Al Fatimah Plus dan SMA ABBS ini karena prestasinya dan mendapatkan Beasiswa.

Di semester 1 SMA ABBS Aina sudah mendapatkan prestasi Juara 2 Lomba English Debat Competition dan Juara 1 lomba LCC PMR , karena prestasi itu Aina ditunjuk sekolah untuk mengiklankan sekolahnya melalui siaran Radio MH  Fm Surakarta dengan  bahasa Indonesia dan Inggris dengan fasihnya. Adapun prestasi yang diperoleh sejak SD s/d SMA adalah sbb :      SD : Juara 3 Siswa Teladan Kab Bojonegoro, Peserta Festifal Tari se Kab. Juara 1, 2 dan 3 Lomba MTQ Kab, Juara 2 Lomba Cipta Puisi, Juara 1 Lomba Baca Puisi, Juara Harapan 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris. SMP : Passing Grade 23 OSN IPS Kab 2014, Juara 1 Debat Bahasa Inggris SMP/MTS Pare Kediri 2014, Juara Harapan 1 Spceech Contest SMP/MTS Kab.  2014, Juara 1 Seni Samroh 2014, Juara 1 Gerak Jalan 17 Km Kab 2014, Juara 1 Lomba Halang Gobak Sodor 2013, Juara 2 Lomba Halang Gobak Sodor 2014, SMA : Juara 1 LCC PMR 2015, Juara 2 English  Debat  Competition 2015, Juara 2 dan 3  LCC PMR 2016,  Juara 3 Travelling PMR 2016 dan Juara 1 LCC PMR dalam rangka HKN 2016.

Sementara itu,  pelajar cantik asli Bojonegoro yang tepatnya punya domisili di Kecamatan  Kedewan ini berharap agar generasi penerus Bojonegoro bisa lebih trampil dan dapat mengembangkan bahasa Inggris untuk bekal masa depannya.

“Harapan saya untuk Bojonegoro,  agar sebagai generasi penerus kita dapat berbahasa Inggris dengan baik karena sekarang ini skill berbahasa Inggris sangat diperlukan terlebih Bojonegoro sekarang ini menjadi tempat jujukan orang asing karena terkenal dengan Lumbung Energi sehingga kecakapan berbahasa Inggris sangat diperlukan, “Kata Aina kepada suarabojonegoro. com. Menutup pembicaraannya Aina mengakui kesuksesan LEMON ke 3 ini tak luput dari bimbingan dari para Guru dan kerja sama yang sangat bagus dan kompak dari segenap teman teman sebagai panitia.

Dari banyaknya prestasi yang selama ini Ia ukir sehingga teman teman menyebutnya sebagai " MUTIARA DARI TIMUR SANG  JUARA DI SOLO RAYA" itulah sosok Wong Jonegoro yang berusaha Melampaui Batas Maksimalnya. (Lin/Red)

No comments:
Write comments