Wednesday, May 10, 2017

Pemda Bojonegoro Harus Ikut Tanggung Jawab Masalah Overkapasitas Lapas

    Wednesday, May 10, 2017  

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com -  Permasalahan over kapasitas di lapas menjadi atensi pemerintah mengingat adanya kejadian ratusan tahanan kabur di Pekanbaru. Saat ini penghuni lapas kelas 2 A Bojonegoro sendiri ada sebanyak 326 narapidana dari kapasitas sebanyak 250 narapida. Rabu 09/05/2017

Hal tersebut membuat anggota komisi 3 DPR RI mengunjungi Lapas kelas 2A Bojonegoro untuk melakukan pengecekan agar kejadian yang terjadi di Pekanbaru tidak terjadi di Kabupaten Bojonegoro yang keberadaan lapas berada di jantung kota.

"Memang melebihi kapasitas namun belum sampai katagori berbahaya," kata anggota komisi 3 DPR RI, Wihadi Wiyanto.

Menurutnya, masalah tenaga juga menjadi masalah karena sampai saat ini tenaga pengawas di Lapas memang sangat kecil dan kurang jika dibandingkan narapida yang harus diawasi salah satunya bagi Lapas Bojonegoro sehingga pihaknya juga meminta Pemerintah Daerah dalam hal ini ikut bertanggung jawab karena narapida juga merupakan warga Bojonegoro.

"PNS Pemda bisa ditempatkan menjadi tenaga pembantu di Lapas Bojonegoro," tambahnya.

Selain itu, penyelesaian over kapasitas juga tidak bisa diselesaikan pihak lapas sendiri karena butuh kerjasama semua pihak terutama kepolisian dan kejaksaan agar memilah tahanan mana saja yang harus dikirim ke lapas.

Sementar itu, Kepala Lapas Kelas 2 A Bojonegoro, Jumadi menyampaikan jika saat ini ada sebanyak 326 narapida binaannya dari kapasitas hanya sekitar 250 narapida selain itu dari pihaknya mengakui tenaga pengawas masih kurang dari pos penjagaan yang seharusnya harus diisi pengawas narapida. (ney/red)

No comments:
Write comments