Wednesday, May 3, 2017

Pengerjaan DAK SMP Harus Swakelola,Tidak Boleh dikerjakan Pihak ke 3

    Wednesday, May 03, 2017  

Reporter : Bima Rachmat

suarabojonegoro.com -  Tahun 2017 ini semua lembaga SMP yang ada di Kabupaten Bojonegoro bakalan mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari pusat, total dana kurang lebih nantinya senilai 7 M.

Puji Widodo selaku Kabid SMP Diknas Kabupaten Bojonegoro saat ditemui beberapa hari yang lalu kepada suarabojonegoro.com dirinya menjelaskan bahwa untuk tahun ini lembaga SMP bakal menerima kucuran dana DAK dengan total nilai mencapai kurang lebih 7 M yang mana untuk pengerjaan nantinya swakelola.

"Untuk tahun ini  lembaga SMP menerima kucuran dana kurang lebih 7 M", katanya
Lebih lanjut pengerjaan swakelola tersebut dalam artian dikerjakan oleh panitia sekolah (komite besertaguru). Besarnya anggaran perlembaga Sekolah bervariatif, yakni untuk Rehab Kelas Baru (RKB) per ruang senilai 188 juta, sedangkan rehab per ruang senilai 60 juta.

"Untuk tahun ini sekolah diperbolehkan memakai konsultan perencana maupun pengawas,itupun kewenangan sekolah masing-masing. Akan tetapi jika ternyata dalam praktek pengerjaan ternyata dikerjakan oleh pihak ke 3 (rekanan) maka sekolah tersebut bakalan mendapat sanksi yang mana selama 5 tahun berikutnya bakalan tidak bisa menerima bantuan DAK," tambahnya.

Dirinya berharap bantuan DAK dapat secepatnya terealisasi, mengingat surat pengajuan pencairan sudah diajukan ke meja Bupati dan tinggal m
enuggu Surat Keputusan.

"Semoga secepatnya dapat terealisasi, mengigat surat pengajuan sudah diajukan dan menuggu Surat Keputusan", pungkasnya. (Bim/red).

No comments:
Write comments