Friday, May 5, 2017

Pengesahan Raperda Tentang HIV-AIDS Ditunda, Pansus III: Kok Beda Naskah yang Dikirim Gubernur

    Friday, May 05, 2017  

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Penundaan pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang HIV-AIDS oleh Pansus III DPRD Kabupaten Bojonegoro disebabkan banyak faktor. Pansus III yang di ketuai oleh Sally Atyasasmi tersebut menuding ada beberapa poin kesepakatan yang sebelumnya dituangkan dalan draft raperda yang dibahas bersama eksekutif (Pemkab Bojonegoro) yang tidak sesuai dengan salinan yang dilayangkan ke Gubernur.

"Ada kelalaian prosedural. Kesalahan pengiriman naskah ini mengakibatkan masukan masyarakat melalui forum FGD, studi banding dengan kota atau kabupaten lain, dan forum-forum rapat pansus tidak terakomodir dalam naskah yang dikirim untuk di fasilitasi Gubernur," gerutu Ketua Pansus III DPRD Kabupaten Bojonegoro.

Menurutnya, kejadian ini harus menjadi perhatian khusus, oleh karena itu melalui forum paripurna hari ini, Jum'at (5/5/17) Pansus III memberikan rekomendasi agar Sekretariat Dewan memiliki mekanisme.

"Mungkin bisa semacam SOP alur penyusunan Raperda agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali," imbuh Politisi Perempuan Partai Gerindra itu.

Selain itu, lanjutnya, pansus III juga berharap kepada Bapemperda turut serta  mengawal seluruh proses penyusunan raperda tidak hanya mengusulkan dalam prolegda saja. (wan/red).


*) Foto Ilustrasi

No comments:
Write comments