Friday, May 5, 2017

Sekdes PNS Ditarik Sebelum Pemilihan Perangkat Desa Serentak

    Friday, May 05, 2017  

Reporter : Nella Rachma


suarabojonegoro.com -  Setelah melalui perdebatan yang panjang antara pansus 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Bojonegoro bersama tim eksekutif tentang Rancangan Peraturan Daerah  tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa akhirnya hari ini Raperda tersebut di sahkan menjadi Perda. Salah satu hal yang memicu perdebatan panjang yaitu terkait penarikan sekretaris desa yang berstatus pegawai negeri sipil untuk dikembalikan kepada Pemerintah Daerah. Jumat 05/05/2017

"Ada dua katagori Sekdes PNS yang ada di Bojonegoro," kata Asisten 1 Pemkab Bojonegoro, Djoko Lukito.

Menurutnya, keduanya yaitu Sekdes yang diangkat menjadi PNS oleh Bupati Bojonegoro lalu ditugaskan kembali menjadi Sekdes dan PNS Pemerintah Daerah yang ditugaskan oleh Sekretaris Daerah menjadi Sekdes.

"Jumlah keseluruhan Sekdes PNS di Bojonegoro sekitar 320 ," sambung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, Djumari dalam rapat final Raperda Perangkat Desa sebelum disahkannya menjadi Perda.

Sementara itu, hasil kesepakatan bersama antara eksekutif dan legialatif telah disepakati bahwa sebelum pemilihan perangkat desa serentak tahun ini maka akan dilakukan penarikan Sekdes PNS dan dikembalikan kepada Pemerintah Daerah.

Hal tersebut dibenarkan oleh ketua pansus 1 DPRD Bojonegoro jika penarikan Sekdes akan dilakukan sebelum pemilihan perangkat desa serentak tahun ini. Untuk Sekdea yang ditarik yaitu PNS yang ditugaskan menjadi Sekdes sedangkan untuk Sekdes yang diangkat menjadi PNS penarikannya akan menunggu regulasi lebih lanjut. (ney/red)

*) Foto Ilustrasi Nusa Bali

No comments:
Write comments