Wednesday, May 3, 2017

Semangat Pemuda untuk Desa, Bangsa dan Negara

    Wednesday, May 03, 2017  

Oleh: Arif Sudaji

suarabojonegoro.com -  Pemuda adalah akan menjadi pemimpin bangsa dalam hal ini terkandung di KBBI, pemuda yang nantinya akan membawa nasib bangsa untuk era dan zaman yang di wariskan di tangan para pemuda-pemudi bangsa ini, jika pemuda kita kuat dalam membangun fisik maupun mental spiritual atau karakter niscaya Pemuda akan membawa negeri ini di satu zaman yang mampu menjawab segala masalah bangsa demi cita-cita bangsa dan negara, mengutip pidato bung karno" seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia" juga kerap berseru" beri aku seribu orang, dan dengan mereka aku akan menggerakan Gunung Semeru.

"Beri aku sepuluh pemuda yang membara cintanya kepada tanah air, dan dengan mereka akan mengguncangkan dunia", dari sinilah pemuda dapat menjadikan acuan semangat cinta akan tanah air dan bernegara.

Sejarah telah membuktikan peran pemuda dalam negeri ini, bung tomo dengan semangat melawan sekutu ke Indonesia 10 november 1945, pada masa itu masih berusia 25 tahun. Lalu dokter soetomo dan dokter wahidin soedirohoesodo pada 20 mei 1908 mendirikan boedi oetomo, cikal bakal organisasi Pergerakan modern di indonesia, yang pada masa itu soetomo berusia 20 tahun.

Lalu 28 Oktober 1928 para pemuda mengikrarkan sumpah pemuda "bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, berbahasa satu, bahasa Indonesia".

Semangat pemuda inilah yang mampu menjadikan semangat untuk negeri tercinta NKRI.
Zaman yang sudah membawa banyak perubahan dewasa ini, sudah patutnya semangat pemuda-pemudi terdahulu menjadi acuan semangat pemuda di saat ini, banyak hal yang dapat dilakukan dengan mengedepankan semangat perubahan untuk negeri ini, salah satunya peran kita sebagai pemuda dalam desa.

Dengan mengedepankan segi membangun SDM masyarakat dengan tidak meninggalkan tradisional dan empiris masyarakat. Sehingga masyarakat di desa khususnya mampu bersaing dan tak tertinggal dengan zaman.

Pemuda ikut andil dalam mengawal masayarakat desa untuk NKRI, demi terciptanya desa sebagai ikon negeri ini dengan kerukunan warganya, gotong royongnya, toleransi antar umat beragama. Salah satu peran Pemuda dapat di terapkan melalui Karang Taruna Desa, melalui wadah kepemudaan ini kita mampu mengemban pembangunan desa di berbagai bidang.

Sehingga tokoh pemuda hari ini tidak dalam Sosmed saja melainkan Tokoh Pemuda dengan Karakter semangat perubahan ke progresif dan Masif demi terciptanya Desa Ikon NKRI. (rif/jw).

*) Ketua Komisariat PMII Unigoro

No comments:
Write comments