Wednesday, May 24, 2017

Sempat Kabur, Pencuri Di Kalitidu Ini Berhasil Diringkus Polisi

    Wednesday, May 24, 2017  

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com -  Setelah dinyatakan buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), salah satu tersangka kasus pencurian dengan pemberatan di Kalitidu ditangkap Polisi kemarin siang Selasa (23/05/2017) sekira pukul 14.00 WIB di rumahnya oleh anggota Opsnal Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Bojonegoro.

Adapun identitas tersangka yang berhasil ditangkap yaitu berinisial MS als Wereng (40) warga alamat Desa Golantepus RT 01 RW 04 Kecamatan Mojobo Kabupaten Kudus.

Menurut Kasat Reskrim Polres Bojonegoro AKP Sujarwanto, SH tersangka ditangkap berdasarkan hasil pengembangan dari pengakuan tersangka lainnya yang telah duluan berhasil diamankan oleh petugas berinisial IAW als Gendut (32) warga Desa Wukisari RT 03 RW 01 Kecamatan Tambakromo Kebupaten Pati Jawa Tengah, mengaku telah melakukan pencurian ditoko milik Muji Utomo (53) warga Desa Sukoharjo RT 05 RW 01 Kecamatan Kalitidu pada hari Kamis tanggal 22 September 2016 sekira pukul 02.45 WIB tahun lalu bersama 3 orang pelaku lainnya yang salah satunya MS als Wereng dan dua orang lainnya yang basih buron dan masih masuk dalam daftar pencarian orang.

"Sedangkan tersangka IAW als Gendut (32) sendiri tertangkap oleh petugas pada hari dan jam terjadinya curat di tempat kejadian perkara (TKP)", terang Kasat Reskrimm

Dengan adanya pengakuan dari tersangka IAW als Gendut yang telah melakukan pencurian bersama dengan ketiga temannya yaitu MS als Wereng serta AG als Pecing warga Kabupaten Jepara dan SY warga Kabupaten Kudus. Berdasarkan keterangan tersangka IAW als Gendut  tersebut selanjutnya anggota Opsnal Res Bojonegoro melakukan kegiatan penyelidikan dengan mencari keberadaan ketiga pelaku yang berhasil melarikan diri tersebut.

"Akhirnya pada hari Selasa tanggal 23 Mei 2017 sekira pukul 14.00 WIB tersangka MS als Wereng diamankan disekitaran rumahnya", imbuh Kasat Reskrim.

Selanjutnya MS als Wereng dibawa ke Polres Bojonegoro guna proses penyidikan lebih lanjut.

Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, SH., SIK., M.Si saat dihubungi tribratanewsbojonego.com secara terpisah mengungkapkan bahwa tim opsnal Sat Reskrim Polres Bojonegoro telah mengamankan seorang tersangka kasus curat yang peristiwanya telah terjadi sekitar bulan september 2016 tahun lalu yang buron dan telah masuk daftar pencarian orang (DPO) pada selasa (23/05/2017) siang kemarin berdasarkan pengembangan dari keterangan tersangka yang telah diamankan sebelumnya.

"Karena kasus sebelumnya telah diproses oleh Unit Reskrim Polsek Kalitidu dan TKP berada di Kalitidu, kasusnya kami dilimpahkan ke penyidik Unit Reskrim Polsek Kalitidu untuk penyidikannya", terang Kapolres.

Setelah dilakukan penyidikan dan penahanan, penyidik Unit Reskrim Polsek Kalitidu telah memberikan persangkaan kasusnya dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa pada hari kamis 22 September 2016 sekira pukul 02.45 WIB ada sebuah kendaran Toyota Avansa warna hitam dengan nomor polisi K-8609-H parkir didepan toko milik korban dengan posisi menghadap ketimur. Selanjutnya 2 orang penumpang turun dari mobil menuju ke toko milik korban, sedangkan 2 orang berada didalam mobil tersebut.

Setelah 2 orang yang turun dari mobil, kemudian  jalan menuju ke samping toko dan memotong gembok pintu menggunakan gunting pemotong. Setelah gembok pintu terpotong kemudian pelaku mengambili rokok milik korban yang ada didalam toko tersebut, namun pada saat para pelaku melancarkan aksi pencuriannya tersebut diketahui oleh warga, selanjutnya warga berusaha melakukan penagkapan terhadap pelaku, namun saat itu yang berhasil tertangkap hanya 1 pelaku berinisial IAW als Gendut, sedangkan 3 orang lainnya berhasil kabur menggunakan mobil yang dikendarai keempatnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas yaitu 2 buah anak kunci, 5 bungkus rokok intro, 7 bungkus rokok djarum 76, 4 bungkus rokok apache, 3 bungkus rokok u bold dan semua Barang Bukti disita dalam berkas lain dengan total kerugian 2,7 juta. (ney/lis)

No comments:
Write comments