Thursday, May 18, 2017

Tipu Konsumen dan Gelapkan DP Pembelian Mobil Seorang Warga Dander Diringkus Polisi

    Thursday, May 18, 2017  

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com -  Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Bojonegoro melalui Unit II pada hari Rabu (17/05/2017) sekira pukul 12.00 WIB telah mengamankan seorang warga Dander yang telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan yang dilakukan kepada Rustamaji (34) warga Desa Sidorejo RT 03 RW 02 Kecamatan Kedungadem

Sedangkan identitas pelaku berinisial OH (34) warga Desa Mojoranu RT 07 RW 02 Kecamatan Dander yang merupakan seorang sales disebuah dealer mobil yang berkantor di jalan Untung Suropati Kota Bojonegoro.

Kasubbag Humas Polres Bojonegoro AKP Mashadi, SH mengungkapkan, adapun kronologi kejadiannya bermula pada hari Senin tanggal 19 Desember 2016 lalu saat pelaku datang kerumah korban untuk menawari korban tentang adanya diskon pembelian mobil Merk Isuzu Jenis Elf di daeler tempat pelaku bekerja sebesar Rp 20.000.000,-. Karena merasa tertarik dengan diskon tersebut, yang semula harga mobil sebesar Rp 225.000.000, - karena mendapatkan diskon korban hanya membayar Rp 205.000.000,-.

"Kemudian korban memberikan uang muka sebesar Rp 100.000.000,- dan sisanya akan dibayar setelah mobil diserahkan kepada korban", ungkap Kasubbag Humas.

Setelah beberapa bulan korban menunggu kedatangan mobil yang telah dipesan tidak datang, kemudian korban langsung mengecek kejelasan mobil yang telah dipesan ke dealer tempat pelaku bekerja ternyata tidak ada kepastian. Selanjutnya kejadian tersebut di laporkan pelaku ke piket Sat Reskrim Polres Bojonegoro pada tanggal 03 April 2017 bulan lalu guna diproses lebih lanjut.

"Setelah menerima laporan tersebut, penyidik langsung melalukan penyelidikan", lanjut Kasubbag Humas.

Berdasarkan hasil penyelidikan dan gelar perkara oleh Unit II Sat Reskrim Polres Bojonegoro, penyidik telah menetapkan pelaku sebagai tersangka karena berdasarkan hasil pemeriksaan awal telah memenuhi unsur bukti permulaan yang cukup.

Selanjutnya pada hari Rabu tanggal 17 Mei 2017 tanpa adanya surat panggilan kepada pelaku, OH (34) sebagai pelaku dengan sadar datang ke Polres Bojonegoro untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Atas inisiatif pelaku tersebut, oleh petugas langsung dilakukan penangkapan dan pemeriksaan sebagai tersangka.

"Saat ini pelaku telah dilakukan penahanan di Rutan Polres Bojonegoro guna proses hukum lebih lanjut", imbuh AKP Mashadi.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, SH., SIK., M.Si saat dikonfimasi membenarkan kejadian tersebut dan saat ini pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik dan telah ditahan di Rutan Polres Bojonegoro. Kepada tersangka, penyidik menjerat pelaku dengan pasal 372 dan 379 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

"Barang bukti yang berhasil diamankan yaitu 1 lembar kwitansi pembayaran uang muka dan 1 lembar surat pemesanan kendaraan", terang Kapolres.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian material sebesar Rp 100.000.000, -. (ney/lis)

No comments:
Write comments