Kamis, 08 Juni 2017

Baru 4 Hotel yang Sudah Bekerjasama dengan DLH Terkait Pengelolaan Sampah

    Kamis, Juni 08, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Masih banyak hotel yang ada di Bojonegoro yang belum melakukan perjanjian atau kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terkait dengan pengelolaan sampah. DLH mencatat, baru ada 4 hotel yang sudah melakukan perjanjian.

Dari data yang dihimpun di kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, dari sekian banyaknya hotel di Bojonegoro baru empat hotel yang saat ini sudah menjalin kerjasama dengan DLH Bojonegoro terkait dengan pengelolaan limbah atau sampah hotel.

"Baru ada empat hotel, yakni Bonero, Olimpic, Pazia, dan  Nirwana. Untuk Fave dan Aston baru proses pengajuan," kata Ririn salah satu staf DLH didampingi Sekretaris DLH Bojonegoro, Bowo Sasmito. Kamis (8/6/17).

Menurutnya, jika mengacu Perda lama tentang pengelolaan sampah, Hotel yang belum melakukan proses kerjasama dengan DLH bisa dikatakan melanggar aturan. Padahal, retribusi yang dipasang sangat murah hanya sekitar Rp.10.000 /kubik.

Apalahi dalam Undang-undang nomor 18 tahun 2008 sudah sangat jelas, semua tentang sampah diatur di UU tersebut. Pihak DLH Bojonegoro berharap agar semua hotel di Bojonegoro segera mengurus kerjasama pengelolaan sampah dengan Dinas setempat. (wan/red).

Tidak ada komentar:
Write komentar