Saturday, June 24, 2017

Hati-hati Adanya Peredaran Tiket Atau Boarding Pass Palsu Kereta Api

    Saturday, June 24, 2017   No comments

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com-  Pada hari Jumat (23/6), di masa Angkutan Lebaran hari ke-9, telah dijumpai adanya penggunaan tiket atau boarding pass palsu. Hal ini ditemukan saat dilakukan proses boarding dan pemeriksaan identitas.

Temuan yang pertama berada di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Pada saat dilakukan proses boarding KA Kutojaya Utara Pagi, ditemukan boarding pass tertulis KA KUTOARJO UTARA dengan bentuk barcode yang berbeda dengan tiket asli.

Sedangkan yang kedua terjadi di Stasiun Wonokromo. Di Wonokromo ditemukan adanya tiket Palsu KA Dhoho 419 relasi Surabaya Kota – Kertosono. Hal ini diketahui melalui mesin scanner, saat dilakukan proses boarding dan pemeriksaan identitas.

Dari hasil pemeriksaan scanner, nama yang tertera pada tiket KA tersebut dan nama yang tertera pada layar komputer berbeda. Setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan pada tiket, kertas yang digunakan berbeda dengan tiket thermal dari PT KAI. Dan bentuk huruf atau font pada nama identitas di tiket tersebut berbeda pula.

“Untuk menindaklanjuti kejadian ini, kami menghimbau pada para pemudik atau calon penumpang kereta api, agar berhati-hati. Jangan terjebak oleh segala tipu daya orang yang tidak dikenal dan menawarkan tiket kereta api,” ujar Gatut Sutiyatmoko, Manajer Humas Daop 8 Surabaya.

Dilanjutkannya, para calon penumpang disarankan untuk membeli tiket kereta api melalui loket stasiun, agen-agen resmi atau melalui channel eksternal, dan juga bisa melalui KAI ACCESS serta CONTACT CENTER 121. “PT KAI tidak segan-segan untuk memproses hukum pada orang-orang yang menggunakan tiket atau boarding pass palsu ini,” tegas Gatut.

Penggunaan tiket palsu pasti akan cepat diketahui, dikarenakan system pengamanan tiket di PT KAI sudah berlapis.
Ada pun TIPS utk Calon Penumpang kereta api untuk mencegah terjadinya penggunaan tiket atau boarding pass palsu:

1. Disarankan Calon penumpang untuk mencetak boarding pass sendiri di kounter CIC yg telah disediakan di stasiun, 7 (tujuh) hari sebelum keberangkatan.    
2. Tidak disarankan Calon penumpang membeli tiket yang sudah dalam bentuk boarding pass.    
3. Untuk memastikan keaslian Boarding pass yg sudah diterima dengan cara melihat adanya kode pengaman pada kertas berupa pola tulisan Kereta Api Indonesia.    
4. Jika ada keraguan terhadap boarding pass, segera konfimasi boarding pass tersebut ke Customer Service Stasiun jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.
5. Disarankan agar Calon Penumpang untuk minta penjelasan lebih detail terkait boarding pass ini melalui contact center PT KAI di (021) 121.

Bila kurang jelas dapat menghubungi Manager Humas Daop 8 Surabaya GatutSutiyatmoko, No HP : 081331715516
(Nella/Red)

*) Foto: Contoh Tiket Palsu

No comments:
Write comments