Friday, June 2, 2017

Pasca Panen, Ibu-ibu di Temayang Sortir Bawang Merah

    Friday, June 02, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi


suarabojonegoro.com -  Usai panen bawah merah sekitar 3 hari yang lalu, petani di wilayah Kecamatan Temayang, para petani ini selanjutnya melakukan kegiatan penyortiran. Kegiatan ini bertujuan untuk memisahkan kotoran yang masih menempel pada umbi bawang merah. Selai itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memisahkan bawang yang berkualitas dengan bawang merah yang cacat.

Sortasi juga dapat dilakukan berdasarkan dengan ukuran bawang merah. Sortasi yang baik sesuai standar mutu secara tidak langsung akan meningkatkan harga bawang merah di pasaran.

Kegiatan pilah bawah merah tersebut seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu di wilayah Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. Para ibu rumah tangga itu memilih untuk bekerja menyortir bawang merah milik tetangganya. Selain dekat rumah juga sambil mengajak bermain anaknya (momong/red). Mereka mengaku, mendapat upah 500 rupiah perkilogramnya.

Salah satu warga setempat, Pongni mengatakan, pekerjaan sortir bawah merah merupakan pekerjaan sampingan. Sebab, dinilai sangat santai dan tidak terlalu membutuhkan tenaga banyak. "Ini sambil nunggu beduk adzan magrib," katanya.

Hal senada dikatakan oleh Siti Juwariyah. Warga Dusun Klantung RT 01 RW 01 Desa Temayang itu mengatakan, sebenarnya ibu-ibu yang lain niasanya juga banyak yang ikut sortir. Kali ini bersamaan dengan panen padi, sebagian lagi sibuk mengurusi hasil panenya. "Lumayan bisa dibuwat beli lauk," ujarnya saat disela-sela melakukan sortir bawang merah di rumah Badri warga setempat. (wan/red).

No comments:
Write comments