Kamis, 01 Juni 2017

Pendaftaran Cabup-Cawabup Internal PDIP Bojonegoro Selama 1 Bulan

    Kamis, Juni 01, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Bojonegoro mulai membuka pintu bagi siapa saja yang ingin mendaftarkan diri untuk maju dalam Pilkada Bojonegoro tahun 2018 mendatang. Pendaftaran tersebut dibuka per 1 Juni hinnga 30 Juni 2017.

Sekretaris DPC PDI-P Bojonegoro Donny Bayu Setiawan mengatakan, pendaftaran Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati dari internal partai PDI-P dibuka selama 1 bulan. Waktu tersebut dibagi menjadi dua gelombang.

"Siapapun boleh daftar di PDI perjuangan. Sepanjang memenuhi persyaratan," kata Donny yang juga Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro, saat menggelar konfrensi pers di aula DPC PDI-P Bojonegoro jalan Panglima Polim, nomor 69 Bojonegoro. Kamis, (1/6/17).

Dijelaskan olehnya, gelombang pendaftaran akan diawali dengan pengambilan formulir pendaftaran yang dimulai tanggal 1 hingga 14 Juni. Kemudian, tanggal 15-30 Juni ditargetkan sebagai waktu pengembalian formulir.

Setelah itu, berkas dari pendaftar akan diverifikasi dan divalidasi oleh tim DPC, sebelum selanjutnya dikirim ke pengurus DPD provinsi dan ke DPP untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), sehingga mendapat rekomendasi yang sah dari pengurus pusat. Hal tersebut dinilai sangat penting untuk meminimalisir kesalahan administrasi dari tingkat bawah.

"Misalnya ijazah yang diragukan, maka kita akan punya waktu melakukan kroscek ke instansi terkait. Sehingga mininal administrasi itu sama dengan di KPU," jelasnya.

Ditegaskan, semua proses tahapan ini sesuai dengan Peraturan partai nomor 4 tahun 2015 tentang tahapan persiapan Pilkada. "Kita yakin dan mampu memenangkan pilkada Bojonegoro 2018 nanti," tegas alumni aktivis GMNI Bojonegoro itu. (wan/red).

Tidak ada komentar:
Write komentar