Kamis, 01 Juni 2017

Raih Cantikmu Secara Alami

    Kamis, Juni 01, 2017   No comments

Oleh : Fipit Mega Shintiya


suarabojonegoro.com -  Sebagai wanita umumnya selalu ingin tampil cantik, segar, sehat dan menarik, karena wanita memang identik dengan kecantikan. Kecantikan itu relatif, tergantung dari cara pandang kita melihatnya. Mungkin kita sering menilai kecantikan wanita itu secara fisik, seperti artis bintang iklan kosmetik dan artis sinetron atau artis film. Kecantikan tidak hanya di berikan kepada manusia saja tetapi kepada segala sesuatu di alam raya ini dari ciptaan Allah yang indah termasuk hewan dan tumbuhan. Kecantikan fisik dan Rupa hanya semata tapi lebih pada kecantikan Sifat, kebaikan hati dan akhlak seorang wanita.

Wanita tidak perlu takut tidak cantik karena setiap wanita itu cantik dan indah apabila mempunyai akhlak yang indah pula. Buat apa rupa dan fisik kita cantik tapi hati tidak cantik karena kecantikan fisik dan rupa akan hilang seiring waktu dan usia. Mungkin kecantikannya bertahan tapi apa ada orang yang mau dengan yang palsu?

Masalah kulit wajah pada remaja dan dewasa muda (usia kurang dari 20 tahun atau lebih ) seperti jerawat, komedo, gatal gatal, radang kulit, pori-pori kulit membesar, kulit wajah yang sangat berminyak atau sangat kering, garis-garis halus yang mulai terlihat dan flek hitam. Disebabkan karena pemilihan produk kosmetik yang salah dan pemakaian yang tidak tepat. Timbulnya masalah kulit dapat menurunkan kepercayaan diri remaja dan dewasa muda akibat berkurangnya keindahan wajah. Sepertinya mereka akan sukarela mengeluarkan biaya banyak untuk urusan mempercantik wajah. Tidak heran kalau kemudian produk-produk kecantikan begitu menjamur.

Nah, kita sebagai perempuan sebaiknya jangan terlalu gampang untuk ikut memakai produk-produk yang berbahaya atau ke salon-salon kecantikan dari kelas yang abal-abal di pinggir jalan asal jadi, hingga yang high class dengan harga jutaan. Anehnya, produk-produk itu selalu laris manis.

Bahkan kadang demi urusan mempercantik wajah, kebanyakan perempuan tidak mempertimbangkan masalah kesehatan dan efek samping yang ditimbulkan dalam jangka panjang.

Yang penting mereka bisa tampil cantik secara instan, cepat, tanpa perlu repot, meskipun harus membayar mahal. Pernah dengar gak kata-kata ini “cantik itu harus mahal, cantik itu harus sakit” ini hanya terdapat pada perawatan kecantikan yang memakai cara seperti facial, padahal sebenarnya untuk cantik yang alami dan bertahan lama, tidak perlu mahal dan bisa dilakukan dengan mudah serta murah bukan murah yang abal-abak ya, tetapi murah dengan bahan yang alami dan kita bias mendapatkan bahan ini disekitar rumah kita.

Asal kita mau telaten dan sabar, maka cantik menjadi urusan mudah bagi perempuan.
Kita juga bisa membuat masker-masker alami seperti dari buah-buahan, bunga mawar, bunga melati, daun kunyit, daun teh, daun papaya, dan masih banyak lagi masker-masker alami yang bisa bikin wajah kita cantik alami, segar tentunya, sangat murah.

Jangan lupa ya girls, setiap perempuan memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda kondisi ini sangat dipengaruhi oleh berbagai keadaan dan hal-hal yang bersifat genetik. Setiap jenis kulit wajah perlu ditangani dengan perawatan yang berbeda-beda agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Jangan sampai kondisi wajah semakin rusak atau parah karena salah mengenali jenis kulit.

Pada umumnya bahwa jenis kulit wajah ada empat, yaitu kulit berminyak, kering, normal, dan sensitif. Kulit normal adalah jenis kulit yang cantik dan ideal. Saat bangun tidur, usapkan kertas tisu pada wajah. Tisu tersebut tidak akan meninggalkan bekas minyak wajah juga tetap terasa kenyal.

Perawatan jenis kulit ini juga termasuk paling mudah, karena tidak memerlukan perawatan yang sulit. Cukup menggunakan susu pembersih setiap hari, kulit pun semakin terawat dan terlihat cantik. Nah, untuk mengenali dengan cepat jenis kulit berminyak ini ketika kita bangun tidur dan mengusapkan tisu pada wajah, maka akan terdapat banyak ‘minyak’ yang terlihat mengilap dan juga dapat dilihat pada saat kita beraktifitas diluar. Ciri yang mudah dikenali pada kulit kering, setelah kita mengusapkan kertas tisu pada wajah, biasanya akan terasa kering, kasar, dan kadang terasa pecah-pecah. Kulit sensitiv ini termasuk paling “sulit” perawatannya karena sangat rapuh dan  produk-produk yang digunakan harus bebas pewangi dan bebas alergi. Ketika  kita mengusapkan tisu pada wajah, kulit akan terasa kering dan bahkan bisa iritasi (terasa seperti akan luka).

Jerawat merupakan salah satu masalah kesehatan pada kulit wajah yang umumnya terjadi pada kalangan remaja. Terbukti bahwa daun papaya dapat digunakan untuk mengobati jerawat dengan cara pengolesan langsung dari larutan hasil tumbukan daun papaya kemudian dioleskan pada bagian kulit yang berjerawat. Menggunakan masker bunga mawar secara teratur dapat membuat kulit wajah menjadi lebih halus. Bunga mawar juga berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan iritasi pada kulit dan kaya antioksidan yang dapat memperkuat sel-sel kulit serta regenerasi jaringan kulit.

Nah, jika dicampurkannya dengan yogurt dan madu, bisa mendapatkan nutrisi lebih untuk mencerahkan wajah. Kelopak bunga mawar akan berfungsi sebagai toner, menghidrasi kulit, dan dapat membuat kulit lebih bercahaya. Sedangkan yogurt akan membuat kulit lebih halus dan madu dipercaya dapat menghilangkan jerawat. (**)


*) Penulis Adalah Mahasiswi Jurusan  ilmu keperawatan Fakultas ilmu kesehatan Universitas muhammadiyah malang.

Tidak ada komentar:
Write komentar