Sabtu, 03 Juni 2017

Wajah Cantik Dengan Kulit Jeruk

    Sabtu, Juni 03, 2017   No comments

Oleh : Dita Izza Daimatul A.

suarabojonegoro.com -  Rupaya jeruk bukan hanya berguna pada dagingnya saja namun juga pada kulitnya. Kandungan pada kulit jeruk ini rupanya benar-benar berguna. Zat yang berguna yang terdapat dalam kulit jeruk satu diantaranya yaitu minyak atsiri. Kandungan dalam kulit jeruk satu ini banyak berguna bagi manusia. Minyak atsiri yaitu sejenis minyak nabati yang bisa beralih mengental bila ditempatkan pada suhu ruangan. Minyak ini keluarkan aroma yang benar benar khas serta umum dipakai untuk pembuatan minyak gosok alami yang dipakai untuk penyembuhan. Selain itu kulit jeruk juga bisa menambahkan selera makan seseorang, untuk obat anti nyamuk, jika bagi kesehatan kulit jeruk yang masih fresh bisa digunakan untuk obat herbal yang dapat melindungi berbagai penyakit seperti batuk dan sembelit, selain itu kulit jeruk juga bisa digunakan sebagai masker wajah.
             
Dan ternyata kulit jeruk kaya manfaatnya yaitu sebagai masker wajah. Ada banyak sekali bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi semacam masalah terhadap kulit wajah kita. Selain putih telur, bengkowang, mentimun dll. Ternyata ada bahan alami lainnya yaitu kulit jeruk. Bila kita belum pernah menggunakan masker dari kulit jeruk, maka tidak ada salahnya apabila kita mencoba menggunakan masker kulit jeruk ini dirumah. Manfaat dari masker kulit jeruk ini adalah bisa membantu menghilangkan jerawat, memutihkan wajah, mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, menghaluskan kulit wajah, dan tak kalah lagi ternyata masker kulit wajah ini bisa digunaakan untuk mencegah penuaan dini.  Cara membuat masker dengan kulit jeruk sebagai beikut.          
                   
Masker untuk mempercerah wajah.  Bagi yang mempunyai masalah dengan wajah kusam maka kita bisa coba membuat masker kulit jeruk ini dicampur dengan kunyit. Caranya sangatlah simple, kita hanya menyediakan setengah kilo buah jeruk lalu dikupas kulitnya dan ambil kulitnya. Kita potong-potong terlebih dahulu kulit jeruk menjadi agak kecil-kecil tetapi jang terlalu kecil. Setelah itu kita jemur sekitar 2 hari hingga kulit jeruk menjadi kering. Lalu giling kulit jeruk yang sudah kering, lalu masukan bubuk kunyit dan madu sebanyak satu sendok makan saja. Setelah itu kita aduk merata, maka kita siap di aplikasikan pada wajah. Gunakan selama kurang lebih 20 menit dan kemudian bilas wajah dengan air hangat atau air bersih.
           
Masker untuk meremajakan kulit wajah . Cara membuat masker ini juga sangat simple. Kita hanya cukup menyediakan kulit jeruk yang kering secukupnya saja. Kemudian digiling, dan setelah halus dikasihkan satu sendok youghurt. Aduk keduanya hingga tercampur merata, sebelum melakukan cuci wajah terlebih dahulu dengan air hangat. Setelah itu kita bisa aplikasikan masker kulit jeruk dan youghurt yang telah kita buat pada wajah secara merata dan di diamkan selama 20 menit. Usahakan ketika mengoleskan masker sambil sedikit diberi pijatan agar kotoran di pori-pori wajah bisa terangkat semua. Jika selesai menggunakan masker cuci kembali wajah dengan air hangat atau air bersih.
             
Masker untuk mengahaluskan wajah. Untuk pembuatan masker ini anda cukup menyiapkan kulit jeruk yang kering secukupnya. Lalu giling hingga halus dan tambahkan dengan satu sendok madu serta satu sendok air perasan jeruk nipis. Aduk ketiga bahan hingga tercampur rata dan setelah itu bisa diaplikasikan masker wajah. Kemudian dibiarkan kering selama 20 menit, lalu setelah itu bisa dibilas dengan air bersih.
             
Selanjutnya masker untuk menghilangkan bintik hitam pada  jerawat. Jika mempunyai masalah dengan jerawat ataupun noda hitam pada wajah maka kita bisa mencoba menggunakan masker ini. Kita hanya mempersiapkan gilingan kulit jeruk yang sudah dikeringkan, kemudian ditambahkan dengan beberapa tetesair mawar dan satu sendok bubuk kayu cendana. Aduk hingga ketiga bahan tersebut tercampur rata, lalu setelah itu silahkan dijadikan sebagai masker untuk wajah. Oleskan masker tersebut secara merata pada wajah, lalu diamkan selama 20 menit. Apabila sudah dengan silahkan bersihkan dengan air bersih. Masker ini boleh digunakan untuk wajah yang tidak berjerawat karena campuran dari kulit jeruk dan kayu cendana sendiri bisa mencegah munculnya jerawat pada wajah.
           
Terakhir kita bahas masker untuk eksfolasi. Kulit jeruk juga bisa digunakan untuk scrub pada wajah. Caranya masih sama, kulit jeruk dikeringkan kemudian dicampur dengan oatmel beserta iar secukupnya. Setelah itu digosokan scrub tersebut pada wajah, lalu usahakan jangan terlalu keras ketika menggosokan scrub kulit jeruk ini. Campuran dari kulit jeruk dan oatmel akan membatu pengelupasan pada kulit wajah secara alami. Dengan begitu maka sel kulit mati, komedo serta bakteri penyebab jerawat juga akan ikut terangkat sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, bersih dan halus.

*) penulis adalah Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammdiyah Malang


Tidak ada komentar:
Write komentar