Tuesday, July 11, 2017

Apa..!? Ingin Jadi Perangkat Desa Harus Bayar Ratusan Juta

    Tuesday, July 11, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi


suarabojonegoro.com -  Sebentar lagi, hampir seluruh desa se Kabupaten Bojonegoro bakal melaksanakan perekrutan perangkat desa. Diperkirakan ada ribuan posisi perangkat desa yang bakal direbutkan dengan cara ujian. Namun ada kabar yang sangat mencengangkan. Tersiar kabar bahwa jika ingin menjadi perangkat desa harus menyiapkan mahar hingga ratusan juta rupiah.

Meski kabar tersebut belum mendapat respon dari beberapa pihak, kabar yang dinilai sudah menjadi rahasia publik ini hampir merata di setiap wilayah.

"Kabarnya untuk posisi Kasun dipatok dengan harga 150 juta. Itu dipastikan jadi," kata salah satu warga Temayang yang enggan disebutkan namanya.

Rumor tersebut setiap hari selalu berkembang. Berbagai opini muncul. Apalagi jika diketahui sedang berada di warung kopi. Masyarakat lagi disibukan dengan pembahasan perangkat desa.

Tak hanya di Wilayah Temayang. Salah satu sumber yang berasal dari Sukosewu juga mengutarakan, jika praktek jual beli posisi perangkat desa sudah menjadi rahasia umum. Namun dirinya sedikit kaget mendengar nilai rupiah yang dipatok.

"Sampai 200 juta itu nilai yang fantastis. Masyarakat harus ikut mengawalnya. Dimana celahnya harus diawasi bersama-sama," katanya.

Padahal, beberapa waktu yang lalu, pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro menyatakan bahwa, pendaftaran perangkat desa tidak dipungut biaya alias gratis. (wan/red).


Foto: Ilustrasi

No comments:
Write comments