Saturday, July 22, 2017

Inilah Pemenang Lomba Desain Motif Batik Kecamatan Gayam 2017

    Saturday, July 22, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Setelah sukses menggelar Lomba Desain Motif Batik 2017, Asosiasi untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos) dan telah melewati tahap penilaian dan penjurian karya yang sudah terkumpul sejak 27 Juni - 14 Juli 2017. Dari 57 peserta yang mengikuti lomba yang diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Ltd. (EMCL) tersebut, akhirnya didapatkan 20 pemenang, sesuai dengan ketentuan dan kriteria yang berlaku.

Manajer Program Pengembangan Industri Kreatif Batik di Kecamatan Gayam, A Shodiqurrosyad, menyebutkan bahwa semua karya yang terkumpul sangat berkualitas dan menceritakan kearifan lokal, kreatifitas seni dan karya Kecamatan Gayam.

“Jumlah peserta yang mendaftar ada 57 peserta, dari 57 peserta tersebut yang memenuhi kriteria penilaian lomba yaitu orisinalitas (bukan tiruan), terbebas dari unsur plagiatisme, keindahan, kerapian, deskripsi karya, filosofi dan kelengkapan administrasi maka didapatkan 30 buah karya desain motif batik. Kemudian dari 30 buah karya tersebut kami seleksi lagi hingga mendapatkan 20 buah karya yang kami tetapkan sebagai pemenang lomba,” jelas pemuda asal Desa Begadon Kecamatan Gayam yang juga menjabat sebagai sekretaris Ademos tersebut.

Arsyad menambahkan bahwa, 20 pemenang Lomba Desain Motif Batik 2017 ini selanjutkan akan dibina dan didampingi sehingga seluruh pemenang yang asal Kecamatan Gayam tersebut dapat menjadi wirausahawan batik.

Lomba Desain Motif Batik 2017 ini adalah bagian dari tahapan pelaksanaan Program Pengembangan Industri Kreatif Batik di Kecamatan Gayam. Selanjutnya, pemenang lomba ini akan dilatih, dibina dan didampingi agar dapat mengembangan wirausaha batik di Kecamatan Gayam.

"Pelatihannya sendiri akan dilakukan pada tanggal 31 Juli-05 Agustus 2017 di Panggon Sinau Bareng Ademos Desa Begadon RT 09 RW 05 Kecamatan Gayam," pungkas pemuda lulusan Ekonomi Islma UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut. (wan/lis)



Daftar pemenang Lomba Desain Motif Batik 2017:
1. Iswatun Khasanah (Diamond Flowers)
2. M. Soni (Jamur)
3. Angga Bagus Susilo (Buah Mojo)
4. Sunar (Gandum/jagung)
5. Sutrisno (Kembang Turi)
6. Sadimun (Jamur Tiram)
7. M. Romadlon (Daun Kenikir Berbunga)
8. Ika Musawaroh (Padi Api)
9. Popy Seliawati (Ngembang Gayam)
10. Pitri Rahayu K. (Enceng Gondok)
11. Hendrik Setiawan (Pohon Kepuh)
12. Elif Asyirotul Muwafiqoh (Bunga Anggrek)
13. Moh. Sobirin (Buah Gayam)
14. Puguh Prianggoro (Batik Oboran)
15. Zairah (Belalang Jambu)
16. Unun Marsinda Asrining Tyas (Jambuku)
17. Dasri (Ngraho)
18. Pitri Rahayu Khotimah (Enceng Gondok)
19. Lesdiono (Tumpeng Daun Semanggi)
20. Kokok Laksono (Alam Gayam)

Foto: Ilustrasi

No comments:
Write comments