Friday, July 7, 2017

Kang Yoto Dan Sambel Korek

    Friday, July 07, 2017   No comments

Reporter: Nella Rachma

suarabojonegoro.com -  Hampir dua periode rampung atau sepuluh tahun Suyoto memimpin Kabupaten Bojonegoro dan selama itu pula pria yang sering disapa Kang Yoto ini mempunyai hobi yang tidak biasa seperti pejabat lainnya di setiap hari jum'at usai sholat jum'at berjamaah dan sebelum melakukan dialog rutin di Pendopo. Hobi tersebut yaitu "ngulek" atau membuat sambal korek (sambal mentah) untuk dinikmati bersama saat makan siang dengan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta camat.


"Nyambel" korek bagi Kang Yoto adalah hobi yang enggan ditinggalkan baik saat masih menjabat menjadi Bupati maupun setelah nantinya sudah tidak lagi menjadi Bojonegoro 1 dan meninggalkan rumah dinas yang berada tepat dibelakang pendopo malwopati Pemkab Bojonegoro.


"Dadi Bupati sepuloh tahun cuma iso gawe sambel (jadi bupati sepuluh tahun cuma bisa membuat sambal) ," ungkapnya sambil "ngulek" sambel dengan tertawa di Rumah Dinas Bupati Bojonegoro. Jumat 07/07/2017


Saat ditanya apa istimewa dari sambal yang dibuat penyanyi lagu "Ojo Lali Bahagia" ini, Kang yoto menjawab selain "ngulek" sendiri sambal korek itu dinilai lebih sehat karena tidak perlu melalui proses digoreng apalagi dirinya juga mencampur kecambah atau taoge sehingga kelezatan sambal ini bisa membuat banyak orang ketagihan.


"Kalau sudah tidak jadi Bupati bisa jadi penjual sambal," katanya sambil bergurau.


Lebih lanjut, politisi Partai Amanat Nasional ini juga menceritakan bahwa hampir 10 tahun dirinya menjabat Bupati Bojonegoro sudah banyak sekali pejabat penting di negeri ini yang sudah merasakan kelezatan sambal korek buatannya. Beberapa diantaranya seperti jajaran menteri yaitu Mensesneg RI Pratikno, Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa dan beberapa menteri lain yang sudah berkunjung di Bojonegoro, selain itu pejabat utama seperti Kepala SKK Migas hingga Wagub Jatim Gus Ipul dan beberapa politisi pentung di negeri ini juga sudah merasakan sensasi sambel korek buatannya.

Penasaran dengan rasa sambal buatan Kang Yoto Bupati Bojonegoro, bisa dipraktekan dirumah karena menurut Kang Yoto bahan dari membuat sambal korek hanyalah cabai, bawang merah, bawang putih, trasi dan tomat segar yang di "hulek" lalu setelah selesai baru taoge dicambur sambal. (Ney/Red)

No comments:
Write comments