Tuesday, July 11, 2017

Komisi C DPRD: Dampak Bau Di Sambiroto Tanggung Jawab Perusahaan

    Tuesday, July 11, 2017   No comments

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com -  Adanya dampak bau yang tidak sedap yang bersumber dari Sumur Wall Pad A milik JOB PPEJ (Joint Operating Body-Pertamina Petrochina East Java) di Desa Campurrejo,  Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro yang membuat 29 warga Desa Sambiroto menjadi korban akibat bau tidak sedap tersebut,  komisi C DPRD Bojonegoro hal tersebut adalah tabggung jawab perusahaan.

Dikatakan oleh Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro,  Sally Atyasasmi bahwasanya dengan adanya kejadian tersebut hal terpenting adalah korban segera mendapatkan penanganan medis. Selasa (11/7/17).

"Meskipun belum dapat dipastikan sumber dugaan pencemaran udaranya dan gangguan bau tetapi karena berada disekitar area eksploitasi gas tentunya dampak yang dialami oleh masyarakat menjadi tanggung jawab perusahaan," Terangnya.

Dijelaskan pula oleh Sally,  bahwa Setiap tahapan pekerjaan semestinya ada perencanaannya salah satunya AMDAL, dan dalam dokumen itu juga harusnya sudah ada setiap pekerjaan analisa potensi dampak, pencegahannya, penanganannya, dan mitigasi dampaknya yang ditimbulkan.

Jadi setiap pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan yang mana berdampak terhadap lingkungan maupun terhadap masyarakat harus menjadi tanggung jawab perusahaan.

"Semoga segera ada komunikasi antara masyarakat yang diwakili pihak Pemdes Sambiroto dengan pihak JOB PPEJ," Tambah Sally.

Sally juga berharap kejadian seperti ini sebelum ada kegiatan operasi di Sumur Migas, harusnya ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada masyarakat sekitar dengan harapan agar masyarakat bisa melakukan persiapan atau antisipasi terlebih dahulu.

Begitu juga pihak perusahaan juga melakukan persiapan jika terjadi dampak yang akan terjadi, dengan mempersiapkan team medis maupun peralatannya.

Sebelumnya diberitakan bahwa sebanyak 29 warga Desa Sambiroto merasa pusing,  mual dan muntah akibat bau tidak sedap seperti solar yang dikeluarkan dari Lokasi Operasi Migas di Wall Pad A milik JOB PPEJ, bahkan satu warga harus dilarikan ke Rumah Sakit. (Ang) 

No comments:
Write comments