Tuesday, July 11, 2017

LPK Bisa Keluarkan Sertifikat IT untuk Syarat Maju Perangkat Desa

    Tuesday, July 11, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Melampirkan sertifikat keahlian komputer (IT) menjadi salah satu syarat wajib bagi semua peserta seleksi perangkat desa. Namun banyak pertanyaan yang timbul dari masyarakat, lembaga yang bagaimana yang bisa mengeluarkan sertifikat IT yang nantinya bisa digunakan maju dalam merebutkan posisi perangkat desa?.

Kabid Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Sugeng Firmanto kepada suarabojonegoro.com mengatakan, secara teknis syarat-syarat tersebut nanti bakal diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup). Kemudian, terkait dengan lembaga yang bisa mengeluarkan sertifikat IT, katanya, hanya lembaga yang berkompeten yang bisa mengeluarkan sertifikat IT.

"Lembaga yang memiliki kompetensi untuk mengeluarkan sertifikat IT," kata Sugeng. Selasa (11/7/17).

Disinggung, apakah Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) bisa mengeluarkan atau sah secara hukum bisa mengeluarkan. Dirinya menerangkan bahwa selama LPK itu sesuai peruntukanya, maka secara hukum bisa dipertanggungjawabkan.

"Kalau LPK bisa mengeluarkan, asal sesuai peruntukanya. Kalau LPK diperuntukan buat pelatihan A tapi mengeluarkan sertifikat B itu yang nggak boleh," jelasnya. (wan/red).

No comments:
Write comments