Thursday, July 13, 2017

Madrasah Menyongsong Kurikulum 2013 di KKM Kepuhbaru dan Baureno

    Thursday, July 13, 2017   No comments

Bojonegoro, 11 Juli 2017


suarabojonegoro.com -  Menyongsong pelaksanaan Kurikulum 2013 di seluruh madrasah pada tahun pelajaran 2017/2018, MGMP KKM Kepuhbaru dan Baureno mengadakan Diklat Pembelajaran K13 pada hari selasa 9 Juli 2017 di Aula MTs Darul Ulum Baureno.

Ketua panitia Diklat Drs. Juki, M.Pd mengatakan bahwa Diklat K13 ini bertujuan untuk memberi bekal kepada guru-guru agar memiliki pengetahuan tentang K13 baik secara konsep maupun implementasinya.

Tuan rumah kegiatan Diklat ini, Bu Nyai Ririn dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini di ikuti oleh 120 guru dari 11 MTS yang tersebut di beberapa Kecamatan.

Program ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh semua guru madrasah dalam lingkup KKM ini dalam memahami Kurikulum yang harus diajarkan kepada murid.

Narasumber kegiatan Diklat ini adalah Syaifulloh, M. Taufik dan Choiriyah yang memandu kegiatan ini sampai tuntas.

Syaifulloh narasumber Diklat ini mengatakan perihal perubahan Kurikulum edisi 2016 yang meliputi Perubahan Kurikulum 2013 Tahun 2016 - Ini sangat penting untuk diketahui oleh semua guru terutama bagi guru yang sekolahnya melaksanakan Kurikulum 2013. setelah hasil revisi kurikulum 2013 selesai tentunya pasti ada perubahan yang terjadi dan perubahan tersebut akan diberlakukan tahun sharan baru mulai Juli 2016 Kurikulum 2013 Diberlakukan Secara Nasional.

pendekatan scientific 5M bukanlah satu2 nya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan seperti di dalam RPP pada materi sebelumnya. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).

Di dalam RPP yang baru ini guru harus memasukkan Pendidikan karakter dan gerakan literasi sekolah.Pendidikan karakter dan Literasi sekolah ini merupakan 2 kegiatan yang menjadi perubahan yang fundamental dari revisi ini.

Narasumber lainnya, M Taufik menyampaikan bahwa Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP. Perubahan terminologi, ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester, untuk semester 1 dan penilaian akhir tahun untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi uts, langsung ke penilaian akhir semester.

Irham salah seorang peserta menyampaikan bahwa dengan Diklat ini merasa puas karena peserta juga diberi kesempatan praktek membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang bisa dipraktekkan di sekolah masing-masing. (lis)

No comments:
Write comments