Monday, July 17, 2017

Meriahnya Ritual Sedekah Bumi Desa Sampang

    Monday, July 17, 2017   No comments

Reporter : Bima Rahmat

suarabojonegoro.com - Pagi hari ini suasana di Dusun Sampang, Desa Buntalan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro nampak berbeda dengan hari-hari biasa. Ribuan masyarakat baik ari warga lokal Bojonegoro maupun luar Kabupaten Bojonegoro, yakni Kabupaten Tuban dan Kabupaten Lamongan berkumpul di tempat yang sama dalam ritual Sedekah Bumi. Ritual ini merupakan agenda rutin masyarakat Dusun Sampang sebagai wujud Syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan. Senin (17/07/17).

Sedekah Bumi atau yang lebih dikenal dengan manganan ini diselenggarakan oleh Pokdarwis yakni kelompok sadar wisata. Dimana dalam acara tersebut dipusatkan di Sendang Kahuripan Dusun Sampang Desa Buntalan dimana tempat tersebut merupakan tempat yang masih disakralkan oleh sebagian masyarakat sekitar.

"Sedekah Bumi ini merupakan bentuk wujud syukur kami atas segala nikmat atas karunia serta rizki yang Allah berikan", kata Ahmad Rifai selaku Ketua Panitia Penyelenggara.

Selain sebagai wujud syukur penyelenggaraan Sedekah Bumi ini juga bermaksut untuk menjalin kerukunan, persaudaraan antar warga sekitar.

"Dengan berkumpul seperti ini diharapkan dapat memupuk rasa kekeluargaan serta semakin mempererat persaudaraan antar masyarakat sekitar", tambahnya.

Ada yang unik dari acara ritual Sedekah Bumi tersebut. Yakni memberi makanan atau lebih dikenal dengan sawur beras. Yaitu memberi makan pada Ikan yang ada di dalam Sendang. Warga masyarakat sekitar meyakini apabila yang muncul ikan besar maka rejeki tahun depan juga akan besar.

Usai memberikan makan ikan, kemudian warga berkumpul di area halaman selatan Sendang, untuk mengikuti acara tasyakuran berupa tumpengan. (Bim/red)

No comments:
Write comments