Monday, July 17, 2017

Mojodeso Raih Juara 1 Kebersihan, Kades: Semoga Bisa Menjadi Contoh Desa Lain

    Monday, July 17, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Desa Mojodeso Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro diketahui mendapatkan penghargaan juara 1 dalam ajang lomba bersih dan sehat Nasional. Hal itu tentu tidak terlepas dari partisipasi masyarakat Mojodeso yang aktif menjaga perilaku bersih dan sehat.

Kepala Desa Mojodeso, Warsiman kepada suarabojonegoro.com mengatakan, penghargaan juara 1 tersebut merupakan kerja keras seluruh masyarakat Mojodeso. Diharapkan, prestasi skala nasional itu bisa dipertahankan.

"Harapanya penghargaan ini bisa selalu dipertahankan dan bisa menjadi contoh desa-desa lainya, terkait kebesihan, kesehatan dan lingkungan" katanya. Minggu (16/7/17).

Partisipasi masyarakat selama ini sangat kuat. Setiap hari, mulai pagi dan sore masyarakat selalu membersihkan lingkungan sekitarnya. "Setiap pagi sore masyarakat selalu membersihakan lingkungan. Itu sudah menjadi budaya masyarakat Mojodeso," imbuhnya.

Dalam penilainya, Ada 3 indikator yaitu input, proses, output. Input menyangkut apakah ada kebijakan berjenjang yang mendukung setiap program yang direncanakan, dari sumber dana setiap program, adanya kader terlatih, pokja.

Proses dilihat dari perencanaan program dan kegiatan, pelaksanaannya bagaimana, frekuensi kegiatannya. Output dilihat dari hasil yang telah didapatkan. Nanti kita akan lihat bagaimana proses yang sudah ada dijalankan dengan baik apa tidak.

Sebelumnya, Desa Mojodeso terlebih dahulu menjuarai  lingkungan besih dan sehat ditingkat Provinsi Jawa Timur. Dan masuk nominator nasional, bersaing dengan 5 Kabupaten/Kota lainnya. (wan/red).

No comments:
Write comments