Friday, July 14, 2017

Musim Kemarau Warga Bubulan Kesulitan Mendapatkan Air Bersih

    Friday, July 14, 2017   No comments

Reporter : Bima Rahmat

suarabojonegoro.com -  Disaat musim Kemarau seperti ini masyarakat Bojonegoro mulai mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih. Warga masyarakatpun dengan terpaksa membuat sumur kecil pada aliran sungai yang sudah kering untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Jumat (14/07/17).

Seperti yang dilakukan oleh warga Desa Celebung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro ini. Dengan bergotong royong masyarakat mulai membuat sumur Bilik atau sumur buatan dibekas aliran sungai di Desa setempat.

"Kalau musim kemarau seperti ini memang susah mencari air bersih, warga sekitar harus membuat sumur buatan dibekas aliran sungai", kata Anna salah satu warga setempat.

Pembuatan sumur tersebut terpaksa dilakukan oleh masyarakat sekitar akibat akibat aliran sungai yang biasa dipergunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari sudah mengalami kering dan berlumut.

"Mau bagaimana lagi sungainya sudah kering dan berlumut", keluhnya.

Dari sumur buatan dengan deameter 30 centi meter dan kedalaman kurang lebih setengah meter tersebut, warga masyarakat memanfaatkan sumber air dari dasar sungai yang sudah kering untuk mendapatkan air bersih.

"Kalau musim kemarau seperti ini kami sudah terbiasa memanfaatkan sumur buatan ini, seperti mandi, mencuci dan untuk memasak", jelasnya.

Warga setempat berharap ada perhatian khusus dari pemerintah untuk dapat memberikan Solusi disaat musim kemarau seperti ini. Pasalnya ketika musim kemarau seperti ini sudah dipastikan masyarakat akan kesulitan mendapatkan air bersih. (Bim/red).

No comments:
Write comments