Friday, July 21, 2017

Penjaringan Duta Wisata Untuk Icon Promosi Wisata Bojonegoro

    Friday, July 21, 2017   No comments

Reporter : Bima Rahmat


suarabojonegoro.com - Pemilihan Duta Wisata Kange dan Yune di tahun 2017 ini semakin diminati kawula muda mudi. Hal ini dibuktikan semenjak seleksi pertama pada Selasa kemarin di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro diikuti 999 peserta. Selaku Ketua PenyelenggaraPuguh Andi Setiyawan, menjelaskan bahwa pemilihan duta wisata ini merupakan icon pariwisata untuk memilih putra putri Bojonegoro yang akan mempromosikan wisata dan budaya Bojonegoro. Jumat (21/07/17).

"Tahun 2017 ini dalam pelaksanaanya ingin memberikan konsep yang berbeda. Yaitu rangkaian kegiatannya bisa memberikan kontribusi untuk banyak pihak terutama masyarakat Bojonegoro. Adapun tahun ini tinggi dan berat badan tidak ditentukan cukup proposional saja dan juga tidak harus cantik karen penilaiannya lebih difokuskan pada talenta dan kecerdasan", katanya.

Adapun untuk seleksi tahapan Pertama yang  nantinya akan diambil 50 Peserta. Yaitu 25 Putra dan 25 Putri, selanjutnya untuk tahap 2 akan dipilij 30 finalis terdiri 15 Putra dan 15 Putri.

Tahap ini peserta akan mengikuti Groming dimana akan dilihat kepribadian. Tahap 2 seleksi talent dan prosentasi, dimana Peserta akan memprosentasikan ide dan gagasan yanhg dituangkan dalam sebuah projek. Dimana nantinya akan diambil 15 pasang yang nantinya akan mengikuti karantina.

"Karantina kali ini konsepnya berbeda. Karena finalis akan melakukan Bhakti Sosial langsung terjun ke masyarakat", tambahnya.

Kepala Dinas Budaya Dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Amir syahid, menyatakan bahwa Pemilihan tahun ini harus beda karena akan mencari duta-duta wisata yang konsent terhadap wisata Bojonegoro. Pasalnya pariwisata Bojonegoro dalam 2 tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang luar bisa dan mendapatkan Aprisiasi dari DPRD. Karena sudah kelihatan perkembangan yang pesat dilihat dari peningkatan wisatawan yang cukup tinggi.

"Bersamaan dengan itu maka diperlukan duta-dita yang akan mengimbangi banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bojonegoro. Dengan konsep yang baru. Yaitu finalis akan diajak berbaur ke masyarakat, maka pemilihan di tahun 2017 ini akan terpilih duta-duta dari masyarakat, yang nantinya akan menjadi duta wisata yang sebenarnya dan dapat bekerja secara Profesional. 30 finalis yang nantinya akan terpilih menjadi Kange dan Yune, kami akan bersama sama dengan Dinas untuk ikut serta mengembangkan wisata dan mengkapanyekan Sapta Pesona tanpa menggagu dan meninggalkan Sekolah. Kita akan evaluasi sikap mereka saat diterjunkan ke masyarakat sehingga akan diketahui  karakter sikap dan perilaku. Apakah mereka bisa membaur dengan masyarakat apa tidak", katanya.

Sementara itu Kasi SDM Dinas Budaya Dan Pariwisata Kabupaten Bojoneoro, Dyah Enggarini menyatakan, nantinya akan mengajak para finalis untuk mengkapanyekan Sapta Pesona yang diawali dari diri sendiri dan harus di Implementasikan dalam kehidupan baru. Enggar sapaan akrabnya juga mengajak masyarakat untuk bersama sama  untuk ikut memberikan penilaiannya.

"Nanti pada tanggal 3 Agustus para finalis akan kami ajak ke Desa Krondonan kecamatan Gondang, untuk bersama sama masyarakat mengkapanyekan Sapta Pesona. Mereka akan menginap di rumah rumah Penduduk dan malamnya akan melakukan kegiatan Api Unggun", katanya.

Enggar juga menjelaskan tahap pertama ini berupa groming, pengetahuan tentang Wisata, kepribadian dan komitmen setelah mereka terpilih nanti dan telah ditetapkan 50 peserta yang akan mengikuti tahap berikutnya. Tahap kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2017 nanti akan dinilai talenta dan paparan mengenai Ide dan Inovasi untuk pengembangan wisata di Bojonegoro dan akan terpilih 30 final
is yang akan mengikuti tahapan berikutnya. 30 finalis tersebut nantinya akan mendapatkan pembekalan tentang kebijakan Pemerintah di Bidang Pariwisata, Kepribadian, Kewirausahaan, Table Maner dan Bahasa Inggris Pariwisata.

Selanjutnya pada tanggal 4 Agustus karantina akan dilanjutkan di Hotel MCM. Dengan agenda malam harinya dilaksanakan Malam keakrapan di Gofan. Sedangkan tanggal 5 Agustus mereka akan mengikuti Grand Final.

"Grand Final kali ini akan berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. Konspnya out door di sepanjang Jalan Mas Tumapel. Selain tampilan 30 finalis juga ada bintang tamu artis ibu kota antara lain yakni, Ilham Idul, Micky Afi dan Tuti (pemenang Golden Memory). Dan tak kalah spektakulernya akan tampil perancang busana Nasional Martini Swarsa yang juga kan merancang gaun untuk 5 finalis", pungkasnya. (Bim/red).
[21/7 06.51] Bima Sb: ggal 5 Agustus mereka akan mengikuti Grand Final.

"Grand Final kali ini akan berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. Konspnya out door di sepanjang Jalan Mas Tumapel. Selain tampilan 30 finalis juga ada bintang tamu artis ibu kota antara lain yakni, Ilham Idul, Micky Afi dan Tuti (pemenang Golden Memory). Dan tak kalah spektakulernya akan tampil perancang busana Nasional Martini Swarsa yang juga kan merancang gaun untuk 5 finalis", pungkasnya. (Bim/red).

No comments:
Write comments