Tuesday, July 4, 2017

Seringnya Kejahatan Seks Terhadap Anak, Ana Muawanah Minta Segera Diberlakukan PERPPU

    Tuesday, July 04, 2017   No comments

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com -  Seringnya terjadi kejahatan Seks pada anak di Bojonegoro,  dan bahkan dalam waktu dekat ini sebanyak lima kali kasus kejahatan seks terhadap anak yang kasusnya ditangani Polres Bojonegoro,  hal ini membuat Ana Muawanah,  anggota Komisi 1 DPR RI merasa prihatin dengan keadaan tersebut.

Disampaikan oleh Ana Muawanah,  dengan adanya kondisi demikian,  pemeribtah seharusbya segera meberlakukan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau disingkat PERPU atau PERPPU,  yaitu Peraturan Perundang-undangan yang ditetapkan oleh Presiden dalam hal ihwal kegentingan yang memaksa.

"Karena ini dalam keadaan genting soal kejahatan seks anak ini dan sering terjadi,  dan Materi muatan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang adalah sama dengan materi muatan Undang-Undang," Kata Perempuan yang juga anggoya Fraksi PKB ini,  Selasa (4/7/17).

Masih menurut Ana, Tinjuan dari sosial bahwa dengan kejadian tersebut,  karena telah terjadi  penurunan moralitas dan rasa empati  kehidupan masyarakat  dan hal ini akan menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bersma untuk menumbuh kembangkan rasa saling asih dan asuh.

"Ini sangat memprihatinkan sekali,  jika dalam waktu dekat dalam kurun tidak ada satu bukan ada 4 kejadian kejahatan Seks di Bojonegoro," Tambahnya.

Lembaga PPPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) harus ditingkatkan lagi fungsinya secara maksimal untuk melakukan pencegahan, agar tidak ada lagi prilaku kejahatan seks terhadap anak anak.

Selain itu masyarakat khususnya orang tua,  juga harus meningkatkan perhatian terhadap anak,  dan selalu melakjkan pendidikan dan memberikan pengetahuan terhadap tindak kejahatan seks.

"Pengawasan orang tua dan masyarakat ini sangat penting untuk menjaga anak anak kita dari kejahatan seks yang semakin ganas ini, " Jelas Ana Muawanah.

Dirinya berharap pemerintah segera mengambil kebijakan PERPU karena kasus ini sudah dianggap darurat,  dan keberhasilan pihak Kepolisian yang sudah dapat mengungkap kasus ini harus segera mendapatkan perhatian dari masyarakat,  karena dengan adanya pelaku kejahatan Seks yang ditangkap tentu harus menjadi tugas bersama jangan sampai hal tersebut terjadi lagi.

Dirinya berharap agar seluruh masyarakat ikut melakukan pengawasan dan menumbuh kembangkan rasa kasih sayang,  empati dan rasa saling asih. "Kasihan anak anak yang sudah menjadi korban, baik kehidupan mentalnya dan masa depannya nanti, " Pungkas Ana. (Ang)

No comments:
Write comments