Friday, July 7, 2017

Tradisi Sedekah Bumi Wujud Syukur Pada Tuhan Atas Limpahan Rizki

    Friday, July 07, 2017   No comments

Reporter : Bima Rahmat

suarabojonegoro.com -  Tradisi sedekah bumi merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantunggkan hidup keluarga dan sanak famil mereka dari mengais rizqi dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Seperti yang dilakukan pada Masyarakat Sukorejo Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro selama lima hari ini. Dengan antusias masyarakat berbondong bondong mengikuti pagelaran tradisi sedekah bumi. Jumat (07/07/17).

"Sedekah bumi pada hari ini digelar selama lima hari berturut turut, adapun ritual sedekah bumi ini sebagai wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa", kata Achmad Sobirin Kades Sukorejo, Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu selain wujud syukur terhadap nikmat Tuhan Yang Maha Esa ritual sedah bumi ini juga sekaligus sebagai wadah silaturohim antar masyarakat Desa Sukorejo. Pasalnya dalam ritual tersebut masyarakat Sukorjo juga disuguhkan berbagai acara hiburan-hiburan kerakyatan seperti Sepak Bola dan pagelaran Wayang Kulit.

"Ritual sedekah bumi ini juga sekaligus sebagai wadah bagi masyarakat Sukorejo agar tetap guyup rukun", jelasnya.

Acara puncak ritual sedekah bumi ini d
i meriahkan juga dengan pertandingan Tim Eksbisi VS Team Blora pada sore hari serta pagelaran wayangan kulit di makam Eyang Pendek yang mana dalam sejarah Eang Pendek yang merupakan seorang ulama penyebar agama Islam pertama kali di Desa Sukorejo Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro.

"Pagelaran wayang kulit ini selain untuk melestarikan budaya Indonesia juga untuk mengenag jasa-jasa leluhur kita serta menghayati sauri tauladannya", pungkasnya. (Bim/red)

No comments:
Write comments