Thursday, August 31, 2017

Badan Dakwah EMCL Salurkan 40 Ekor Hewan Qurban

    Thursday, August 31, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Karyawan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang tergabung dalam Badan Dakwah Islam menyalurkan 40 ekor hewan qurban kepada masyarakat sekitar Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, Kamis (31/8/2017). Hewan qurban yang terdiri dari beberapa ekor sapi dan kambing itu secara simbolik diserahkan perwakilan karyawan kepada desa-desa penerima dengan disaksikan ulama setempat. "Qurban ini merupakan kerelaan karyawan muslim di EMCL yang sepenuhnya peduli kepada warga sekitar," tutur Sekjen BDI EMCL, Ukay Subqy.

Menurut pria yang biasa disapa Malik ini, BDI EMCL telah secara rutin setiap tahun menyalurkan qurban karyawan kepada warga sekitar. Bagi dia, warga Kecamatan Gayam sebagai tetangga terdekat juga merupakan bagian dari keluarga. "Hubungan baik yang sudah terjalin selama ini mencerminkan kekeluargaan yang telah kita bangun," ungkapnya.

Kata Malik, setiap tahun jumlah hewan yang disalurkan bervariasi. Biasanya disebabkan tidak setiap tahun karyawan yang sama melakukan qurban. "Karena kita juga sadar bahwa qurban itu kan sesuai kemampuan, dan mungkin tidak setiap tahun karyawan yang sama dalam kondisi yang sama," jelasnya.

Sehingga, lanjut Malik, penyalurannya pun berbeda-beda. Jika tahun ini mendapat dua sapi, belum tentu tahun depan mendapatkan jumlah yang sama. "Terkadang ekspektasi penerima berbeda, dan itu kita maklumi," imbuhnya sambil tersenyum lebar.

Qurban bagi Malik merupakan ibadah individu muslim yang memiliki kemampuan. Dengan berqurban, katanya, karyawan muslim berlatih dan meneladani ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS. Selain itu, dengan berqurban di sekitar tempat bekerja, karyawan mewujudkan rasa kepeduliaan terhadap sesama. "Jadi ini ibadah individu, bukan perusahaan," pungkasnya.

Sementara itu, Perangkat Desa Mojodelik, Rasidik menyampaikan terima kasih kepada karyawan EMCL yang telah memberikan hewan qurban ke desanya. Dia menyebut bahwa warganya senang bisa bertetangga dengan sesama muslim yang peduli. "Ini harus kita syukuri bersama," cetusnya.

Hal yang sama disampaikan Modin Desa Gayam, Sanusi. Dia bersyukur dan berterima kasih telah menyalurkan hewan qurban ke desanya. Hewan qurban berupa sapi dan kambing yang diterimanya itu, tutur dia, akan disembelih di beberapa titik di desa Gayam. "Kita koordinasi dengan beberapa dusun dan ulama setempat," ucapnya.

Tahun ini EMCL menyalurkan 2 ekor sapi dan 38 ekor kambing kepada 12 desa di Kecamatan Gayam. Hewan qurban tersebut dibeli dari Kandang Belajar Sapi Rakyat (KBSR) yang ada di Desa Brabowan Kecamatan Gayam dan beberapa peternak dari Desa Katur di kecamatan yang sama. (Wan/Lis)

No comments:
Write comments