Friday, August 11, 2017

Gelar Ritual Sedekah Bumi Sebagai Wujud Syukur Masyarakat Desa Campurejo

    Friday, August 11, 2017   No comments

Oleh : Karang Taruna Desa Campurjo

suarabojonegoro.com -  Bertempat di makam Eang Manis, hari ini masyarakat Desa Campurjo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro menggelar ritual sedekah bumi. Ritual tersebut digelar sebagai wujud syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus sebagai tanda hormat kepada leluhur sekaligus tokoh desa Campurjo. Jumat (11/08/17).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Campurjo, Edi Sampurno S. Sos menyatakan bahwa, kegiatan ritual sedekah bumi atau manganan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang sekaligus untuk menyambut HUT RI ke 72.
"Ini merupakan salah satu kegiatan yang sekaligus untuk menyambut HUT RI ke 72, dan sebelumnya ada hari Selasa kemarin ada juga pagelaran wayang thengul", katanya.

Dalam acara sedekah bumi tersebut nampak antusias masyarakat Desa Campurjo dalam ikut menjaga dan sekaligus melestarikan budaya bangsa ini.

"Sedekah bumi ini sekaligus untuk menjaga dan sekaligus melestarikan budaya bangsa. Semoga tahun depan semakin baik lagi dalam pelaksanaannya", tambahnya.

Sementara itu Bambang Kasan selaku tokoh dan sesepuh desa menyatakan sangat senag dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Campurjo. Yang telah peduli dan dengan kebudayaan luhur bangsa. Diri
nya berharap dengan digelarnya ritual sedekah bumi ini masyarakat Desa Campurjo khususnya mampu mengenag sauritoladan serta mampu merasakan perjuangan tokoh-tokoh dan leluhur yang memperjuangkan bangsa ini.

"Semoga dengan digelarnya ritual sedekah bumi ini, masyarakat desa Campurjo dapat mengenag sauritoladan dan sekaligus mengenag perjuangan leluhur bangsa kita", pungkasnya. (Bim/lis).

No comments:
Write comments