Monday, August 28, 2017

Jamaah Haji Mulai Persiapan Pelaksanaan Wukuf Di Padang Arafah

    Monday, August 28, 2017   No comments

Laporan Khusus : Kang Prabu 
(Dari Makah - Arab Saudi)

suarabojonegoro.com -  Saat ini jamaah Haji seluruh Dunia yang sudah datang di Tanah Suci di Arab Saudi yang diperkirakan seju lah 1.6 juta orang Jamaah Haji,  mulai mempersiapkan pelaksanaan wukuf di Padang Arofah pada 9 Dzulhijah yang rencananya dilaksanakan pada 31 agustus 2017.  

Dari Indonesia ada sebanyak 221 ribu jamaah Haji, sementara dari Bojonegoro sebanyak 1.086 jamaah Haji berada di Maktab 27. Dari data yanh dihimpun,  bahwa setelah tanggal 27 Agustus 2017, sudah tidak diijinkan lagi ada calon jamaah Haji masuk di Arab Saudi.

Sementara 32 kloter calon jamaah haji dari Indonesia sudah memasuki tanah suci dari sebanyak 512 kloter yang Saat ini seluruh calon jamaah Haji sedang mempersiapkan ibadah inti Haji yakni wukuf di Padang Arofah.

Menurut dr. Kristianto yang mengawal jamaah Haji plus di Maktab 96, menerangkan bahwa untuk menjaga kondisi jamaah agar tetap terjaga saat wukuf, jamaah harus banyak istirahat,memperbanyak minum air dan membawa semprotan air saat Wukuf ato membasahi handuk dengan air kemudian dibasuhkan ke tengkok ato wajah agar tidak kdna dehidrasi/tubuh kekurangan air.

"Hal ini disarankan agar dilakukan agar para jamaah Haji tetap Fresh," Katanya.

Sementara itu ustad Syamsul yang mengawal jamaah Haji dalam kuliah subuhnya di Maktab 96 berpesan menjelang wukuf jamaah harus memperbanyak Dzikir kepada Allah serta menata hati bahwa ibadah Haji ini harus karna cinta pada Allah bukan ingin dapat titel haji untuk berbangga diri.

Kegiatan calon jamaah haji sendiri menjelang wukuf pantauan di kawasan Asiyiah sekitar 3 kilo Meter dari Masjidil Haram, mayoritas jamaah mengikuti kegiatan ibadah di masjid terdekat yakni Masjid Jamik Aziz bin Bas.

Pada saat berada di mlMasjid di setiap usai sholat berjamaah di berikan tausiah dengan berbahasa arab tapi yang mengikuti jamaah di Maktab tiap usai jamaah sholat dapat tausiah dengan bahasa Indonesia.

Memang ada juga yang mengikuti jamaah Sholat di Masjdil Haram dengan naik bis yang telah dipersiapkan meskipun berjubel.

Untuk kondisi cuaca saat ini yang terpantau 36 derajat celcius, cuaca yang masih bersahabat meski pernah mencapai cuaca extrim 51 derajat, tetapi saat ini stabil di 36 derajat.

Dilaporkan juga bahwa Kegiatan lain, ada juga di sela sela waktu ibadah jamaah udah mulai memadati tempat tempat belanja untuk membeli oleh oleh.

Menjelang kegiatan Haji puncak jalan yang menuju jalur Jamarat dan Mina sudah mulai di tutup bagi semua kendaraan roda empat kecuali mobil patroli Polisi. (Lipsus/Red)

No comments:
Write comments