Sunday, August 20, 2017

Karnaval Tuban, Tampilkan Budaya Nusantara

    Sunday, August 20, 2017   No comments


TUBAN, suarabojonegoro.com - Pawai Budaya budaya yang digelar panitia HUT Kemerdekaan RI ke 72, yang diikuti oleh peserta dari SMP dan SMA/SMK Kabupaten Tuban, menjadi tontonan ribuan warga Tuban yang datang langsung menyaksikan acara tersebut. Sabtu (19/8/17).

Berbagai tema budaya dan kostum yang dipakai peserta karnaval dari berbagai daerah di Jawa Timur menarik perhatian bagi masyarakat penonton, seperti peserta dari SMA Negeri 2 Tuban yang mengambil Tema Budaya dari Ponorogo serta tokoh serta kerajaan Ponorogo dan juga gambaran kisah tentang Reog Ponorogo.

"Tema kami adalah Budaya Ponorogo,  yang memang sampai saat ini dikenal di Nusantara dan Dunia dengan reognya," Kata salah satu peserta Karnaval dari SMA Negeri 2 Tuban.

Pawai dengan tema “Budaya Nusantara” itu dimulai dari Alun-alun kota dan finish di lapangan Gedung Olahraga Jaya Anoraga Tuban. Sepanjang jalan kota yang dilalui peserta karnaval terlihat ramai dengan penonton dan membuat warga terhibur.

“Karnavalnya sangat menarik dan seru mas, apalagi temanya budaya sehingga bisa menjadi pelajaran bagi kita," Kata Sheila, Salah Satu Penonton.

Selain itu, para penonton sesekali juga memanfaatkan moment tersebut untuk mengambil gambar foto dengan menggunakan telpon selular. Tidak hanya mengambil gambar, penonton juga nampak berfoto dengan para peserta yang sedang melintas ditempat mereka nonton karnaval itu.

“Hiburannya menarik dan bisa foto bersama,” tambah Santi, salah satu penonton lainnya asal Tuban.

Sementara itu, karnaval yang diikuti peserta dari tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat Kecamatan Kota Tuban. Kegiatan itu diberangkatkan langsung oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan juga didampingi Forpimda Tuban.

“Sesuai dengan tema karnaval, maka kita tetap bersatu,” kata Bupati Tuban dalam sambutannya. (Red*)

No comments:
Write comments