Thursday, August 31, 2017

Kisah Inspiratif di Kelas Inspirasi Kecamatan Gondang 2017

    Thursday, August 31, 2017   No comments

Oleh: Siti Mukaromah


suarabojonegoro.com - Terik matahari serasa terabaikan karena bahagia bersama mereka.  Anak anak desa SDN Pragelan 2 dengan kobaran semangatnya luar biasa dalam meraih mimpi.  Berharap suatu  saat kan tergapai asa .  Kakak kakak inspirator yang penuh dedikasi telah menginspirasi dengan hati, jiwa dan raga. Berharap anak anak desa bisa  terobsesi dalam meraih mimpi.

Para wali siswa dengan antusias menghadiri kegiatan "Ruang Aksi" (RA) . Para pengajar sharing ilmu tentang kesehatan, parenting dan pendidikan.  Beberapa pertanyaan kritis terlontar, demi rasa ingin tahunya.  Permohonan dan harapan tersampaikan. Salah satu  harapan yang memprihatinkan adalah kurangnya  guru dalam pembelajaran di kelas. Hingga dua kelas diampu oleh seorang guru.  Sampai saat inipun belum mendapat perhatian meski beberapa kali disampaikan. Semoga mendapat respon dari pemegang wewenang.

Pada kegitan " Ruang Berbagi" (RB)  suasana sangat hangat terjalin antara guru guru,  kepala sekolah dengan para peserta "Kelas Inspirasi" yang terdiri dari 6  Inspirator dengan berbagai disiplin ilmu.  Kita sharing banyak hal tentang pendidikan dan pengajaran.

Selain itu kita   bekerjasana dalam simulasi yang ditampilkan. Bagaimana menanggulangi bencana kebakaran,  bagaimana menangani korban bencana adalah hal penting yang tidak  harus terabaikan. Betapa respon anak anak yang penuh semangat dan menyenangkan.  Mereka sangat antusias terjun di lapangan,  ada juga yang terlibat dalam peran. Wajah ceria tampak dalam senyuman.

Asyiknya  menikmati perjalanan di desa Pragelan,  bertemu dengan warga desa, bermalam  di rumah warga dan bercengkerama seperti satu keluarga.

Berpartisipasi bersama " Kelas Inspirasi" adalah pengalaman yang sangat mengesankan. Tidak hanya  pengalaman petualang,  tapi juga pengalaman menghadapi dan menginspirasi anak anak SD terpencil yang haus akan dunia pengetahuan. Bisa bertemu dengan orang orang top yang siap berbagi ilmunya.

Ingin menangis rasanya melihat wajah wajah ceria anak anak bangsa.  Berada dalam luar jangkauan.  Yang butuh semangat dan motivasi dari para sukarelawan.  Kadang terabaikan karena sulitnya medan.  Rasa syukurpun selalu ada dalam pikiran.  Nikmat berbagi meskipun dalam satu kegiatan. Semoga bisa menyentuh hati sukarelawan yang lain demi masa depan anak bangsa.

Tahun ini adalah tahun kelima diselenggarakan " Kelas Inspirasi" (KI) di Bojonegoro.  Ada 9 SD di Kecamatan Gondang yang dikunjungi,diantaranya SDN sambongrejo 3,SDN Pajeng 3, SDN pragelan 1,SDN pragelan 2,SDN Pragelan 3,SDN Krondonan 1,SDN krondonan 2,SDN krondonan 3,dan SDN krondonan 4. Relawan KI masing2 rombel/sekolah terdiri dari 7 panitia ( Fasilitator),  6 pengajar (Inspirator)  dan 3 dokumentator.

Semoga kegiatan yang sama  tahun depan akan menumbuhkan semangat para sukarelawan,  warga desa dengan support pemerintah yang tiada henti. (JW)

Penulis adalah Guru Bahasa Jepang SMA N 2 Bojonegoro

No comments:
Write comments