Saturday, August 19, 2017

KKN BBM Tematik 56 Unair Berikan Banyak Manfaat Bagi Pelajar & Masyarakat

    Saturday, August 19, 2017   No comments


suarabojonegoro.com -  Tim KKN BBM TEMATIK 56 Universitas Airlangga Desa Panemon Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro tengah menjalani program kerja yang bertemakan Kesehatan umum. Program kerja yang telah dilaksanakan adalah senam bersama siswa SD Panemon No. III dan MI Muhammadiyah 24.

Selanjutnya program kerja lain adalah penyuluhan mencuci tangan dan menyikat gigi yang baik dan benar juga diselenggarakan di desa tersebut, yang kegiatannya diikuti oleh siswa SD Panemon dan MI.

Tim KKN BBM Tematik 56 Unair tersebut juga mempunyai Program kerja untuk kalangan Lanjut Usia (LANSIA)  yakni cek kesehatan secara gratis di Balai Desa Panemon yang meliputi, tensi darah, cek asam urat, gula darah beserta konsultasi hasil yang dibimbing dan awasi oleh tim puskesmas kecamatan sugihwaras.  

Bagi para lansia yang tidak dapat hadir dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, Tim KKN BBM T EMATIK 56 Universitas Airlangga Desa Panemon Kecamatan Sugihwaras menyediakan cek kesehatan keliling.

Menurut salah satu anggota Tim KKN BBM Tematik 56 Universitas Airlangga Desa Panemon Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro yaitu Khoirunnisa dari Fakultas Hukum Universitas Airlangga menyatakan kegiatan cek kesehatan gratis ini disambut baik oleh peserta lansia, mereka antusias  mengikuti cek kesehatan karena kegiatan ini adalah kali pertama cek kesehatan yang diadakan tanpa memungut biaya dari peserta sepeserpun. Kurang lebih 65 peserta lansia mengikuti cek kesehatan gratis dari  total 75 lansia yang telah di data oleh TIM KKN pada puskesmas pembantu (Pustu) Desa Panemon.

Kemudian untuk menunjang kesehatan pada siswa Sekolah Dasar dan MI di desa panemon juga dibagikannya susu untuk semua siswa kelas 1 hingga siswa kelas 6. Diadakannya kegiatan bagi-bagi susu gratis ini diharapkan agar meningkatkan kesadaran para siswa dan juga orangtua bahwa susu merupakan komponen penting bagi kesehatan anak sebagai generasi penerus bangsa.

Selain bidang kesehatan, Tim KKN BBM Tematik 56 Unair Desa Panemon ini juga mengadakan program kerja di bidang pendidikan yakni  program kerja mengajar dengan Reward System untuk para siswa dimana reward tersebut diberikan ketika para siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Diadakannyan program kerja ini anggota Tim KKN berharap dapat meningkatkan motivasi belajar para siswa. Kemudian, Tim KKN BBM Tematik 56 Unair desa panemon kec sugihwaras beserta dosen pembimbing lapangan (DPL) Ibu Ira Suarilah, S.Kp., M.Sc juga mendirikan perpustakaan baca pada desa ini dengan total buku sumbangan lebih dari 50 buku bacaan tentang ilmu pengetahuan dalam rangka meningkatkan minat baca pada Desa Panemon.

Program kerja yang diadakan oleh Tim KKN BBM TEMATIK 56 Universitas Airlangga Desa Panemon Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro mendapat apresiasi dari Kepala Desa Panemon beserta jajarannya dan juga tentunya para warga.

Kepala Desa Panemon mengucapkan terimakasih atas dilaksanakannya program kerja selama kurun waktu 25 hari (18 Juli 2017s/d 12 Agustus 2017) dan berharap agar program kerja yang bermanfaat ini dapat menginspirasi semua orang dan meningkatkan kesadaran para warga desa panemon akan pentingnya kesehatan dan pendidikan. (lis)

No comments:
Write comments