Saturday, August 5, 2017

Sambangi Panen Raya di Kanor, Pak Tris Pinggiran Tampung Curhat Petani

    Saturday, August 05, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi


suarabojonegoro.com -  Desa Tejo Kecamatan kanor telah memasuki masa panen raya. Setiap hari ada saja padi yang menunggu giliran untuk dipanen. Tak ingin ketinggalan hingar bingar petani, H. Sutrisno, atau yang populer dikenal sebagai Pak Tris Pinggiran ikut blusukan ke sawah-sawah menyapa petani yang tengah menuai gabah (04/082017).

“Alhamdulillah hasil panen cukup baik, harga gabah pun cukup tinggi” Tutur Pak tris Pinggiran.

Pak Tris melanjutkan, dengan kondisi Bojonegoro yang masih kemarau basah, hal ini cukup menguntungkan bagi petani. Hujan masih sesekali datang tetapi dengan intensitas yang rendah. Dengan demikian dapat menekan biaya produksi padi dengan minimnya penggunaan solar. Selain itu petani juga mudah untuk memproses hasil panen karena matahari cukup terik, sehingga harga gabah cukup stabil.

Menyadari kedatangan Pak Tris Pinggiran, petani setempat ramai-ramai menyambung sapa. Beberapa diantaranya mengeluhkan banyaknya hama dan seringnya harga gabah anjlok saat paen tiba. Lebih-lebih, harga solar cenderung terus naik. Demikian pula soal hama, obat-obat pertanian dibanderol cukup mahal sehingga mengurangi penghasilan petani.

Menanggapi curhatan petani, Pak Tris Pinggiran mengajak petani untuk terus bersyukur dan terus optimis dalam berikhtiar. Ia juga mengingatkan petani untuk tidak lupa menunaikan kewajiban terhadap hasil panenan, yakni membayar zakat pertanian agar hasil yang didapat makin melimpah beriring berkah.

Sebagaimana diketahui, nama Pak Tris Pinggiran kian dikenal masyarakat Bojonegoro setelah ia berniat maju dalam kontestasi pemilihan Bupati Bojonegoro tahun 2018 mendatang. untuk lebih mengakrabkan diri bersama warga, Pak Tris setiap hari blusukan berbaur dengan aktivitas warga. Bahkan ia mengaku rata-rata setiap hari berkunjung ke 3-4 desa di kecamatan yang berbeda.

No comments:
Write comments