Wednesday, August 16, 2017

Segarnya Es Cream Dari Labu

    Wednesday, August 16, 2017   No comments

Reporter : Bima Rahmat    

suarabojonegoro.com-  Terletak di Desa Kumpulrejo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro sejumlah ibu-ibu berkumpul mengolah buah Labu atau biasa warga setempat menamakannya buah waluh. Namun dalam pengolahan buah yang berasal dari Negara Amerika tersebut sedikit berbeda dengan yang satu ini. Para ibu-ibu di Desa Kumpulrejo ini menyulapnya dengan minuman es krim dengan beraneka rasa. Rabu (16/08/17).

Untuk membuat minuman es cream tersebut sangatlah mudah, pertama-tama buah-buah waluh yang sudah dikupas dicuci bersih. Setelah itu proses pengukusan. Pada proses ini dibutuhkan waktu 30 menit untuk
menjadikan buah waluh tersebut matang sempurna. Setelah matang buah waluh dihaluskan dengan cara ditumbuk.

Sementara itu siapkan susu cair yang dicampur gula dan tepung maizena. Lalu direbus dan diaduk hingga semua bahan tercampur rata.  Setelah itu masukan dalam wadah dan di dinginkan dalam freezer lemari es selama 5 sampai 6 jam.

Jika sudah beku, keluarkan dan dicampur dengan tumbukan waluh kuning yang sudah dihaluskan. Kemudian diaduk hingga merata. Selanjutnya masukan adonan es krim ke dalam freezer lemari es kembali selama 24 jam. Barulah es cream labu kuning ini dapat dinikmati.

Menurut Ulfia salah satu ibu setempat menyatakan bahwa ide awal pembuatan es cream dari labu ini, dikare
nakan banyaknya tanaman labu di seditar desanya. Karena labu yang biasanya hanya digunakan sebagai bahan campuran membuat kue dan kolak, akhirnya para ibu-ibu mencoba membuat olahan labu kuning menjadi es crem.

"Hasilnya es krim labu kuning buatan ibu-ibu di sini disukai banyak orang," katanya.

Untuk menikmati eskrim labu kuning tersebut tidaklah mahal. Cukup merogoh kocek Rp 2 ribu, anda dapat menikmati sensasi segarnya es cream dan manisnya buah labu kuning ini. Tidak hanya itu saja, selain rasanya yang segar buah yang mempunyai nama latin Cucurbita moschata ini mempunyai beberapa manfaat. Salah satunya adalah sangat rendah kalori. 100 buah hanya menyediakan 26 kalori dan tidak mengandung lemak jenuh
atau kolesterol, namun kaya serat makanan, anti-oksidan, mineral, vitamin. Labu adalah salah satu sayuran yang direkomendasikan oleh para ahli medis untuk mengurangi kolestrol dan penurunan berat badan.Labu merupakan sayuran yang memiliki banyak vitamin anti-oksidan seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Labu dalam 100 gram mengandung vitamin A tertinggi dari keluarga sayuran Cucurbitaceae yang mengandung sekitar 246% dari RDA. Vitamin A adalah anti-oksidan alami yang kuat dan diperlukan oleh tubuh untuk menjaga integritas kulit dan membran lendir. Ini juga merupakan vitamin penting untuk penglihatan visual yang baik. (Bim/red)

No comments:
Write comments