Monday, September 11, 2017

Akmal Berkomitmen Memajukan Bojonegoro Dengan Maju Untuk Menjadi Bupati

    Monday, September 11, 2017   No comments


suarabojonegoro.com - Beberapa nama Bakal Calon Bupati (Bacabup) Bojonegoro mulai mengenalkan diri kepada masyarakat, agar namanya unggul masuk bursa calon. Berbeda dengan Akmal Budianto, salah satu calon yang sudah banyak dikenal masyarakat di Kota Ledre, karena kiprahnya berpengalaman dalam berorganisasi, birokrasi, sosial maupun kepemudaan.

Sehingga, setelah bertahun-tahun mengabdikan diri di Kota Ledre, Pak Akmal sapaan akrabnya, berkomitmen memajukan Bojonegoro dengan maju menjadi Bupati Bojonegoro.

Saat wartawan bertandang ke rumahnya, yang terletak di jalan Patimura Pondok Asri, pria kelahiran 7 Mei 1957 itu begitu santai dan akrab dengan masyarakat.

Pasalnya sejak tahun 1985, ia sudah menjadi pelayan masyarakat dengan
menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Ledre, dan pada tahun 1998 pindah ke Surabaya dan berdinas di Provinsi Jawa Timur. "Sudah biasa bersosial, berorganisasi maupun kepemudaan. Apalagi menjadi pimpinan kedinasan," kata Pak Akmal.

Dikisahkan, ia terlahir tujuh bersaudara dari keluarga anggota Polisi. Bapaknya dari Ponorogo dahulu menjadi anggota polisi, sedangkan ibu merupakan anggota Nahdlatul Ulama yang berasal dari Banyuwangi. Sehingga anak kelima dari tujuh bersaudara itu selalu disiplin, karena pendidikan yang diajarkan kedua orang tuanya.

"Bapak sebagai anggota Polisi mengajarkan disiplin, sederhana dan jujur, termasuk integritas yang tinggi itu yang menginspirasi saya," kenang suami Nihatul Laila itu kepada wartawan kami.

Selain itu, sebagai anggota Polisi, sang Bapak selalu mengajarkan keluarga disiplin dan sederhana. Serta tidak mudah terpengaruh ikut sistem yang tidak sesuai, apalagi terlibat KKN.

Tekatnya yang kuat, membuat Bapak dua anak ini selalu berusaha mewujudkan cita-citanya dengan ketulusan dan kesabaran. Terbukti saat duduk di bangku kuliah di Surabaya, Pak Akmal mencari bekal sendiri dengan mengajar di sekolah dan menjadi guru di lembaga kursus.

"Saat kuliah menjadi guru dan mengajar kursus juga pernah saya alami, karena gaji tidak mencukupi saya juga menjadi Cekher (tukang pengecek barang dari Kapal) di Pelabuhan Tanjung Perak," ungkap Mantan Camat Balen itu.

Berkat kerja kerasnya yang tekun, Pak
Akmal dipercaya menjabat di pemerintahan maupun memimpin organisasi kepemudaan, sosial dan yang lainnya. "Bahkan sekitar 15 tahun mengabdi di Bojonegoro kenangan masih teringat. Itu sudah takdir karena jujur, jabatan didapat wajar," terangnya.

Disinggung terkait keinginannya memimpin Bojonegoro menjadi Bupati, Pak Akmal tidak menampik perihal tersebut. Pasalnya, selama 15 tahun mengabdi di Bojonegoro, ia merasa seperti 30 tahun tinggal di Kota Ledre. "Saya merasa memiliki Bojonegoro. Ditugaskan di Bojonegoro bukan kehendak saya, tapi kehendak tuhan," imbuhnya.

Bacabup yang menggunakan slogan 'Ademe Jonegoro' itu tetap mempunyai tekad memimpin Kota Ledre, karena ada peluang menjadi pemimpin (Bupati), dan kedepan yang
sudah baik kepemimpinan Bupati dahulu akan diteruskan, sedangkan yang kurang akan diperbaiki demi masyarakat Bojonegoro.

"Nanti akan menggali masukan dari masyarakat. Masukan itu sesuai klaster untuk membuat program yang baik demi mensejahterakan masyarakat. Seperti halnya pertanian, mencukupi kebutuhan air dan pupuk. Yang pasti kebutuhan masyarakat dipenuhi," tandasnya jika nanti jadi Bupati Bojonegoro. (Adv)

Biodata diri:
Nama : Akmal Budianto
Tempat Tanggal Lahir: Jember, 7 Mei 1957
Orang Tua :
- Bapak: Sugeng Subagio
- Ibu: Arini Kulsum
Istri: Nihatul Laila
Anak:
- Diah Ratna Yuristarini
- Muhammad Riski Fauzi Pancasilawan

Pendidikan:
- SD Jember (Kelas 1-3)
- SD Bondowoso (kelas 3-6)
- SMP Bondowoso
- SMP Surabaya
- SMA Pembangunan Surabaya
- Unair Fakultas Hukum (Strata I)
- Untag Administrasi Publik Narotama Humaniora (Strata II)
- Unibraw, Jurusan ilmu Hukum (Strata III)

Karir Dinas:
- Ikut Seleksi di Perprov Jatim tahun 1984
- Masuk Bojonegoro sekitar tahun 1985-1986 di bagian Sospol
- Staf Pemdes
- Kepala seksi kantor Sospol
- Kepala Bagian Kepegawaian
- Camat Balen
- Camat Kasiman
- Kepala Bagian Pemerintah Desa
- Asisten III
- Pindah tugas di Disnaker Jawa Timu

Pengalaman Organisasi:
- Koordinator Presidum KAHMI Jawa Timur (Sekarang)
- Wakil ketua FKPPI Bojonegoro
- Ketua Pengurus Daerah Keluarga Besar Putra-Putri Polri Jawa Timur (Sekarang)
- Ketua Dewan Penasehat KBPPP
- Wakil ketua Wathat FKPPI Jawa Timur
- Dewan Pakar ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) Pusat (Sekarang)
- Dewan Penasehat Ikatan Pesantren Indonesia (Sekarang)
- Ketua I pengurus pusat alumni/IKA UNAIR (Sekarang)
- Ketua IKA Fakultas Hukum UNAIR (Sekarang)
- AKtivis HMI
- wakil ketua Golkar
- Ketua KNPI
- Sekretaris Golkar.

No comments:
Write comments