Tuesday, September 19, 2017

Gotong Royong Warga Samin Margomulyo Harus Jadi Teladan

    Tuesday, September 19, 2017   No comments

Reporter: Arum Sekar


suarabojonegoro.com- Di hadapan ratusan pengurus ranting PDI Perjuangan se-Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, H. Abidin Fikri, SH., MH menjelaskan bahwa, Pancasila digali dari bumi Indonesia sendiri dan kita mesti bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan petunjuk kepada Bung Karno yang telah menggali Pancasila tersebut. (17/09/207)

Dalam agenda Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini Abidin menegaskan “Di hadapan sidang BPUPK pada 1 Juni 1945, Bung Karno menyampaikan gagasannya mengenai Pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup Indonesia merdeka,” jelas Anggota DPR RI komisi IX di Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, Minggu (17/09/2017).

“Pancasila adalah pedoman kehidupan sehari-hari yang menjiwai segenap prilaku kita sebagai masyarakat. Seperti contoh masyarakat Samin yang hidup di Desa Margomulyo ini. Sikap yang mengedepankan kebersamaan, gotong royong warga Margomulyo patut diteladani sebagai sikap yang bercirikan Pancasila,” jelas Abidin.

Lebih lanjut Abidin menerangkan bahwa sikap hidup gotong royong adalah intisari dari ajaran Pancasila yang Bung Karno sampaikan pada 1 Juni 1945. Dalam pidato tersebut Bung Karno menyampaikan bahwa gotong royong menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan bersama-sama! Gotong-royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-binantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Holopis-kuntul-baris buat kepentingan bersama. Itulah Gotong-royong!” tegas Abidin mengutip Pidato Bung Karno.

Di akhir penjelasannya Abidin Fikri mengapresiasi masyarakat Margomulyo yang dalam sejarahnya turut berperan dalam melawan penjajah hingga Republik Indonesia dapat merdeka dan sampai kini merawat sikap kebersamaan, gotong royong dan menjaga keberagaman. “Ini contoh sikap hidup masyarakat yang Pancasila, mari kita teladani!” tegasnya. (Rum/Lis)

No comments:
Write comments